Sektor pariwisata Jerman pulih hampir seperti sebelum pandemi

    Sektor perhotelan di Jerman ternyata pulih lebih cepat dari perkiraan semula, meski belum melampaui angka 2019. Asosiasi Hotel dan Restoran Jerman DEHOGA mengatakan Jumat (10/8) bahwa omzet September tahun ini 5,3 persen lebih rendah dari omset September. 2019, sebelum pandemi.

    Menurut data Biro Statistik Jerman Destatis, untuk Agustus dan September tahun ini sektor pariwisata hampir mencapai level pra-pandemi. Dengan demikian, sektor pariwisata secara tak terduga pulih lebih cepat dari perkiraan semula.

    Dehoga dalam rilis yang dikeluarkan pada hari Jumat mengatakan, terutama perusahaan hotel dan restoran yang beroperasi di sektor pariwisata mulai “bernafas dengan lega”. Bahkan omzet hotel dan pemulih yang bergerak di bidang pariwisata pada September naik 4 persen dibandingkan bulan yang sama tahun 2019. Yang masih mengalami kesulitan adalah hotel yang khusus menyelenggarakan konferensi dan acara besar.

    Kekurangan tenaga kerja

    Tantangan utama sektor hotel dan restoran saat ini adalah kelangkaan tenaga kerja. Menurut survei yang dilakukan oleh Dehoga terhadap sekitar 4.600 hotel dan restoran, sekitar 80 persen mengatakan kekurangan tenaga kerja adalah masalah terbesar.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, 56 persen mengatakan mereka terpaksa mengubah pola makan mereka, 54 persen mengatakan mereka telah menaikkan upah dan gaji, dan 52 persen mengatakan mereka telah meningkatkan waktu istirahat mereka untuk menarik pekerja.

    Biro Statistik Jerman Destatis pekan ini juga merilis data khusus untuk sektor perhotelan. Selama bulan Agustus, terdapat 56,1 juta pemesanan kamar dari dalam dan luar negeri. Itu sekitar 3,1 persen lebih rendah dari Agustus 2019. Ini berarti sektor ini “hampir mencapai tingkat hunian pra-pandemi”.

    Tren liburan domestik

    Destatis mengatakan tren liburan di Jerman jelas menunjukkan kecenderungan untuk berlibur di negara tersebut. Pemesanan domestik pada Agustus tahun ini bahkan lebih tinggi 8,3 persen dibandingkan Agustus 2019.

    Angka-angka ini jelas menunjukkan ada “tren kuat untuk liburan domestik selama krisis virus corona”, kata Destatis. Sedangkan jumlah pemesanan kamar dari luar negeri 52,7 persen di bawah angka sebelum pandemi.

    Selama delapan bulan pertama tahun 2021, Destatis mencatatkan 180,3 juta pemesanan kamar, turun 15 persen dibandingkan tahun lalu.

    hp/ts (dpa, afp)



    https://www.tribunnews.com/internasional/2021/10/09/sektor-pariwisata-jerman-pulih-hampir-seperti-sebelum-pandemi