Selama mudik dilarang, jam operasional kereta perkotaan dibatasi

Pengoperasian kereta dalam kota atau kota masih dapat beroperasi tetapi masih diatur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Saat mudik Lebaran 2021 pada 6-17 Mei lalu, KA antarkota atau KA jarak jauh tidak beroperasi. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan mengatakan, pengoperasian kereta dalam kota atau dalam kota masih bisa beroperasi tetapi masih diatur.

“Angkutan perkotaan (KRL, MRT, LRT) masih berjalan tapi ada pembatasan jam operasinya,” kata Danto dalam video conference, Kamis (8/4).

Meski begitu, Danto menyebut ada pengecualian perjalanan selama larangan itu berlaku. Danto mengatakan, larangan bepergian tidak berlaku bagi perjalanan dinas, kesedihan, dan sakit, melainkan harus mendapat izin dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Danto menegaskan, akan ada sanksi jika terjadi pelanggaran. Sanksi kami sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pengawasan langsung Ditjen Perkeretaapian dan Technical Center Jawa dan Sumatera, Satgas Covid-19, dibantu TNI, Dishub, dan Pemerintah Daerah. , ‚ÄĚJelas Danto.

Pemerintah saat ini telah resmi mengeluarkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penghapusan Idul Fitri 1442 H Mudik dan Upaya Penanggulangan Covid-19 Selama Bulan Ramadhan. Larangan perjalanan mudik berlaku mulai 6-17 Mei 2021.




Source