Selama PPKM Darurat, BTN Tetap Fokus di Sektor Perumahan

Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (BTN) meyakini kinerja perusahaan akan tetap terjaga selama masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM).

Direktur Manajemen Risiko dan Transformasi Bank BTN Setiyo Wibowo mengatakan, sejak awal BTN menjalani strategi untuk tetap fokus di sektor perumahan dengan menyasar segmen mass affluent, dan first home buyers untuk menekan lonjakan kredit bermasalah.

Baca juga: Gandeng PT Pos, BTN Incar Pelanggan Baru Rp 3,5 Triliun

“Selama 3 bulan terakhir realisasi kredit baru sangat positif dibandingkan periode sebelum pandemi yaitu pada triwulan I tahun 2020. Sehingga kami optimis dapat melewati masa pandemi dengan baik dengan terus mendukung sektor perumahan,” kata Setiyo dalam keterangannya, Rabu (7/7/2021). .

Selain itu, kata Setiyo, BTN juga telah menjalankan berbagai strategi di masa pandemi ini, seperti kerjasama dengan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menghadirkan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) berbunga rendah.

Baca juga: Hingga akhir tahun ini, BTN menargetkan asset recovery Rp 2 triliun

“Saat ini kami memfokuskan semua proses bisnis ke digital. Kami juga terus berinovasi untuk menciptakan ekosistem perumahan yang akan mengubah peta sektor perumahan,” jelasnya.

Dukungan dari pemerintah juga dinilai menjadi penyemangat yang membantu BTN melewati gelombang pandemi.

“Saat pandemi kita juga bisa tumbuh dengan baik, tentunya tidak lepas dari dukungan pemerintah seperti dana PEN, penjaminan bagi kontraktor dan pengembang, subsidi bunga, restrukturisasi, dan tambahan kuota subsidi,” ujarnya.



https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/07/07/masa-ppkm-darurat-btn-tetap-fokus-ke-sektor-perumahan