Semua objek wisata di Kudus akan ditutup saat Lebaran

Penutupan tempat wisata saat libur lebaran untuk menghindari keramaian

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS – Seluruh tempat wisata di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, rencananya akan ditutup pada hari raya Idul Fitri untuk menghindari keramaian mengantisipasi penyebaran penyakit virus corona (Covid-19).

“Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus terkait rencana penutupan semua obyek wisata, baik pemerintah maupun swasta,” kata Bupati Kudus Hartopo di Kudus, Selasa (4/3).

Pengalaman tahun sebelumnya, kata dia, setelah Lebaran terjadi lonjakan kasus Covid-19. Untuk itu, perlu dilakukan langkah antisipasi guna mencegah penyebaran virus corona dengan menutup objek wisata saat libur lebaran. Apalagi, kata dia, ternyata banyak pemudik yang masuk, meski sudah ada upaya pengetatan kawasan perbatasan. Dengan ditutupnya tempat wisata ini diharapkan para pelancong dari luar kota tidak berusaha mencari objek wisata untuk berlibur.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Bergas Catursasi Penanggungan mengungkapkan, dalam surat edaran Kementerian Dalam Negeri, tempat wisata masih bisa dibuka dengan tata cara kesehatan yang ketat.

“Untuk surat edaran dari Pemprov Jateng sebenarnya ada batasan kapasitas pengunjung hingga 30 persen dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan,” ucapnya.

Bagi pengelola objek wisata yang melanggar ancaman penutupan tempat usaha. Sementara itu, instruksi Bupati Kudus terkait penutupan tersebut tentunya akan ditindaklanjuti jika sudah ada surat resmi.

sumber: Antara




Source