Senam Indonesia Pastikan Satu Tiket ke Olimpiade Tokyo

Ketua Umum KOI membenarkan pesenam Rifda Irfanaluthfi akan mengikuti Olimpiade Tokyo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jumlah atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade Tokyo terus bertambah. Kali ini berawal dari olahraga senam yang memastikan satu tiket menuju kejuaraan multievent paling bergengsi di dunia.

“Betul, senam mendapat satu tiket ke Olimpiade Tokyo,” kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari di sela-sela media meeting yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta, Selasa (4/5). ).

Pria yang akrab disapa Okto tersebut memberikan nama atlet senam yang akan mewakili Indonesia pada kejuaraan empat tahunan tersebut, yakni Rifda Irfanaluthfi yang akan bertanding di nomor tersebut. semuanya. “Jadi sekarang sudah ada lima atlet yang lolos ke Tokyo. Jumlah ini akan terus bertambah karena kualifikasi baru akan selesai pada Juni,” tambah Okto.

Selain Rifda Irfanaluthfi, atlet yang sudah memegang tiket Olimpiade Tokyo adalah Lalu Muhammad Zohri dari cabang atletik, Riau Ega Agatha dan Diananda Chairunisa dari cabang panahan, serta Vidya Rafika Rahmatan Thayiba dari cabang olahraga menembak.

Padahal, kata Okto, sudah ada beberapa atlet yang akan memperkuat Indonesia di Tokyo, khususnya bulu tangkis. Hanya saja hingga saat ini kualifikasi belum selesai sehingga nama-nama atletnya belum diumumkan secara resmi. Begitu juga dengan angkat besi.

Harapannya bulutangkis bisa mengirimkan 11 sampai 13 atlet. Tunggu kualifikasi selesai, kata pria yang sebelumnya menjabat Ketua PB ISSI ini.

Okto menjelaskan, bulu tangkis merupakan cabang olahraga yang diharapkan mampu mendonasikan emas. Bahkan KOI / NOC menargetkan dua medali emas dari cabang olahraga ini. “Target kami adalah dua emas. Bisa lebih. Kami putuskan target ini dari hasil olahraga cerdas yang kami lakukan, “kata Okto.

Selain bulu tangkis, harapan meraih medali datang dari cabang angkat besi melalui Eko Yuli Irawan. Tidak hanya itu. Panahan juga diharapkan mampu membuat kejutan termasuk dari cabang olah raga lain yang masih menjalani kualifikasi seperti kano, kayak hingga karate.

sumber: Antara




Source