Sentuhan Ottoman di Bagerhat | IHRAM

IHRAM.CO.ID, Pengaruh Ottoman dalam gaya arsitektur dunia Islam hingga Bangladesh. Secara teritorial, Bangladesh bukanlah bagian dari wilayah yang berada di bawah kendali langsung Dinasti Utsmaniyah.

Menariknya, pengaruh ini dapat dilihat di sebuah kota di pinggiran Bangladesh. Kota ini disebut masyarakat lokal Khalifatabad. Lokasi tepatnya di sungai Gangga dan Brahmaputra.

Dibangun oleh Jenderal Utsmaniyah Ulugh Khan Jahan pada abad ke-15. Infrastruktur kota menunjukkan keahlian artistik yang luar biasa dari arsitektur Islam.

Salah satu masjid di Bagerhat. – (Wikimedia.com)

Sejumlah masjid dan monumen Islam dibangun di dalam kota dengan luas 50 kilometer persegi. Bangunan di sana tersusun dari batu bata merah yang kuat dan tertata rapi. Situs bersejarah ini merupakan peninggalan abad pertengahan yang penting di Bangladesh. Kota megah ini membentang hingga 50 kilometer persegi, lengkap dengan kompleks bangunan arsitektur Muslim Bengal.

Di dalamnya terdapat 360 masjid, bangunan umum, makam, jembatan, jalan raya, tempat penampungan air, dan bangunan umum lainnya. Kota tua ini dibangun dalam beberapa tahun dan ditutupi oleh hutan setelah kematian pendirinya pada tahun 1459. Namun, kota ini tetap menonjol karena arsitekturnya yang khas.



https://www.ihram.co.id/berita/qwcbcq313/sentuhan-ottoman-di-bagerhat