Seperti Nakula dan Sadewa, kolaborasi Indonesia-Jerman di Hannover Messe 2021 Bisa Perkuat Industri

    Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Lita Febriani

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang menjadi mitra negara resmi untuk Hannover Messe 2021: Edisi Digital.

    Pameran teknologi dan industri ini akan diadakan secara online pada 12-16 April 2021, setelah tahun 2020 dibatalkan karena pandemi.

    Peluang strategis ini tidak lepas dari kerjasama yang terjalin antara Indonesia dan Jerman.

    Baca juga: Hannover Messe 2021, Peluang bagi Indonesia Menarik Minat Dunia

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membandingkan Indonesia dan Jerman sebagai sosok kembar wayang Nakula-Sadewa dalam penyelenggaraan Hannover Messe 2021: Edisi Digital.

    “Kedua sosok ini mencerminkan kembaran kedua negara, Indonesia dan Jerman, yang aktif berkolaborasi secara erat dan komprehensif. Karakter ini juga melambangkan kerja sama yang sangat baik. Mereka juga memiliki karakter yang sangat intelektual, dan tidak kalah pentingnya, dapat diandalkan di bidangnya. Memanah), kata Agus, Sabtu (10/4/2021).

    Baca juga: Jokowi dan Angela Merkel akan membuka Hannover Messe 2021

    Agus optimistis penguatan sinergi Indonesia-Jerman, khususnya di sektor industri, akan memacu pemulihan ekonomi nasional saat ini di tengah imbas pandemi Covid-19.

    “Kolaborasi kedua negara diwujudkan melalui penyelenggaraan Hannover Messe sebagai pameran teknologi industri ternama dunia,” ucapnya.

    Sementara itu, pada 2023, Indonesia kembali dipercaya menjadi mitra resmi negara di ajang tersebut.

    Harapannya, kondisi 2023 bisa kembali normal sehingga pameran bisa digelar di Hannover, Jerman.

    Rencananya Presiden Indonesia Joko Widodo dan Kanselir Jerman Angela Merkel akan meresmikan live performance pada pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition, 12 April 2021.

    Dalam rangkaian acara pembukaan juga akan dilakukan Penandatanganan Joint Declaration of Intent antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Federal Jerman tentang Dialog Bilateral mengenai Kualitas Infrastruktur (JDoI Quality Infrastructure).

    “Kami berharap kerja sama ini dapat semakin memperlancar hubungan ekonomi kedua negara dan mengurangi kendala teknis yang selama ini dihadapi,” ujar Menperin.




    Source