Serikat Pekerja Berharap Pemerintah Mendengar Keluhan Kurir Shopee

    Ada beberapa aksi pekerja dalam beberapa hari terakhir, di antaranya oleh kurir Shopee.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) berharap pengaduan para kurir Shopee yang disebut-sebut melakukan pemogokan didengarkan oleh pemerintah. Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea membenarkan adanya beberapa tindakan pekerja dalam beberapa hari terakhir, salah satunya dilakukan oleh kurir Shopee.

    “Iya tentu sudah banyak serikat pekerja dan serikat buruh yang melakukan aksi dalam beberapa pekan terakhir. Dan kemarin juga ada aksi. Dan kami berharap dan kami yakin pemerintah akan mendengar,” kata Andi di kompleks istana presiden. Rabu (14/4).

    Sebelumnya, netizen Twitter ramai membahas dugaan pembayaran tidak adil kurir Shopee Express (SPX) melalui tagar ‘#shopeetindaskurir’. Shopee Indonesia pun buka suara menanggapi kabar tersebut.

    Dalam keterangan resminya, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, insentif bagi mitra pengemudi SPX sangat kompetitif di industri dan mengikuti level harga di pasar.

    Misalnya, jika seorang mitra pengemudi SPX di wilayah Jabodetabek membawa 80 paket sehari, mereka bisa mendapatkan insentif rata-rata Rp 2.213 per paket, kata Handhika, dikutip Senin (12/4/2021).

    Di sisi lain, ia menggambarkan upah rata-rata per paket di pasar yang berkisar antara Rp 1.700 hingga Rp 2.000 untuk jasa logistik lainnya. Ia juga mengatakan, “Kami memastikan skema insentif Shopee selalu mengikuti regulasi di wilayah terkait, dan mengikuti level harga di pasar guna mencari titik temu terbaik antara permintaan pengguna dan ketersediaan mitra SPX.”

    Sebelumnya, netizen membahas kabar yang diterima mitra kurir Shopee. Salah satu kurir Shopee mengatakan bahwa dia tidak mendapatkan gaji tetap dari Shopee.

    “Jujur 30 paket kami dibayar Rp. 80 ribu, lebih dari 30 paket dibayar Rp. 1.900. Dan tidak ada gaji tetap,” saya salah satu kurir kepada konsumen yang kemudian mengunggah foto percakapan mereka ke Twitter.

    Netizen pun menyindir banyaknya acara yang melibatkan artis nasional dan mempromosikan program Shopee dengan merekrut bintang ternama Korea Selatan.

    “Shopee daripada ngajak artis korea lebih baik gaji kurir dech. Maaf tanggung jawabnya besar, jangan kalo paketnya ketinggalan, terlalu panas, dingin karena hujan #shopeetindaskurir,” bunyi tweet dari salah satu para netizen.




    Source