Sertifikat Vaksin di Mall, Wiku: Uji Coba Menuju New Normal

    Sektor kesehatan dan ekonomi bisa berjalan beriringan meski pandemi belum berakhir

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan penggunaan sertifikat vaksin sebagai syarat untuk mengakses tempat-tempat tertentu termasuk pusat perbelanjaan atau mal merupakan bentuk uji coba yang dilakukan pemerintah.

    Langkah ini merupakan salah satu upaya yang disiapkan untuk menuju fase normal baru. Dengan demikian, sektor kesehatan dan ekonomi bisa berjalan beriringan meski pandemi belum benar-benar berakhir.

    “Kondisi ini cobaan minggu ini. Tentu ada sejumlah tantangan. Tapi ini bagian dari new normal dimana kita berusaha agar sektor ekonomi dan kesehatan bisa berjalan beriringan,” jelas Wiku saat jumpa pers. konferensi dengan media internasional.

    Wiku mengatakan pemerintah akan memberikan kepastian mengenai penggunaan persyaratan sertifikat vaksin ke sejumlah tempat setelah uji coba ini berakhir pekan ini.

    Sebelumnya, pemerintah sudah mulai mengizinkan pembukaan pusat perbelanjaan atau mall di kawasan PPKM Level 4, dengan syarat pengunjung wajib memiliki sertifikat vaksin. Pengecualian bagi mereka yang memiliki penyakit bawaan dan tidak dapat divaksinasi, itupun harus membawa surat keterangan dokter sebagai alat bukti.

    Keputusan itu diumumkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin (9/8).

    Pengunjung mall harus divaksinasi Covid-19 untuk bisa masuk mall pada masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 se-Jawa-Bali, 10-16 Agustus 2021. Petugas mall akan mengecek setiap pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindung.

    Sejauh ini, total dosis pertama vaksin Covid-19 telah disuntikkan pada 52,3 juta orang. Sementara itu, 25,7 juta telah menerima dua dosis lengkap. Jika persyaratan vaksinasi wajib ditegakkan secara ketat, sekitar 9,5 persen hingga 19,37 persen warga Indonesia dapat mengakses lokasi dan transportasi yang dibutuhkan.



    https://www.republika.co.id/berita/qxr3i0380/sertifikat-vaksin-di-mall-wiku-percobaan-menuju-new-normal