Setelah memblokir Terusan Suez, kapal Ever Given disita oleh Mesir hingga ganti rugi selesai

    TRIBUNNEWS.COM – Pihak berwenang di Mesir menyita kapal kontainer raksasa Ever Given, yang baru-baru ini memblokir Terusan Suez selama hampir seminggu.

    Karena itu, Mesir pun harus menghadapi perselisihan finansial dengan pemilik Ever Given.

    Pada Selasa (13/4/2021), Kepala Otoritas Terusan Suez (SCA) Letnan Jenderal Osama Rabie mengatakan Ever Given tidak akan diizinkan meninggalkan negaranya sampai besaran ganti rugi diselesaikan dengan pemilik kapal Jepang tersebut. Shoei Kisen Kaisha Ltd.

    “Kapal itu sekarang secara resmi disita,” katanya kepada televisi pemerintah Mesir pada Senin malam.

    “Mereka (Shoei Kisen Kaisha Ltd) tidak mau membayar apapun,” tambahnya.

    Baca juga: Kapten Laut Wanita Disalahkan Atas Insiden Terusan Suez, Padahal Bukan di Lokasi Insiden

    Baca juga: Investigasi Kemacetan Terusan Suez: Penyelam Menemukan Beberapa Kerusakan Busur

    Lalu lintas di Terusan Suez Mesir telah kembali normal setelah kapal kontainer terdampar yang memblokir perairan selama hampir seminggu akhirnya dibebaskan oleh kru penyelamat. (OTORITAS KANAL SUEZ / Maxar Technologies / AFP)

    Wakil Manajer departemen manajemen armada pemilik Shoei Kisen, Yumi Shinohara membenarkan bahwa kanal tersebut telah membuat klaim kompensasi tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

    UK Club, perusahaan asuransi perlindungan dan ganti rugi untuk Ever Given mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Mesir telah mengajukan klaim kompensasi sebesar US $ 916 juta terhadap Shoei Kisen.

    Perusahaan asuransi menambahkan bahwa pihaknya kecewa karena kapal peti kemas dan awaknya ditahan di kanal sampai ganti rugi dibayarkan.

    Seorang sumber dari SCA, yang menolak disebutkan namanya, mengatakan kepada kantor berita Reuters pada hari Selasa bahwa perintah pengadilan telah dikeluarkan untuk kapal tersebut untuk ditahan.

    Dia menambahkan bahwa negosiasi masih berlangsung.

    Baca juga: Investigasi diluncurkan untuk mencari tahu mengapa Ever Given terjebak di Terusan Suez

    Baca juga: Pemilik kapal kontainer Jepang yang macet di Terusan Suez belum menerima klaim ganti rugi

    Gambar satelit dari selebaran ini milik Cnes 2021 yang dirilis pada 25 Maret 2021 oleh Airbus DS menunjukkan kapal kontainer MV 'Ever Given' (Evergreen) Taiwan, dengan panjang 400 meter (1.300 kaki) dan lebar 59 meter.  kapal, bersandar ke samping dan memblokir semua lalu lintas di seberang jalur air Terusan Suez Mesir.  Pemilik kapal kontainer raksasa yang memblokir Terusan Suez mengatakan mereka menghadap ke atas
    Gambar satelit dari selebaran ini milik Cnes 2021 yang dirilis pada 25 Maret 2021 oleh Airbus DS menunjukkan kapal kontainer MV ‘Ever Given’ (Evergreen) Taiwan, dengan panjang 400 meter (1.300 kaki) dan lebar 59 meter. kapal, bersandar ke samping dan memblokir semua lalu lintas di seberang jalur air Terusan Suez Mesir. Pemilik kapal kontainer raksasa yang memblokir Terusan Suez mengatakan mereka menghadapi “kesulitan ekstrim” dalam mengapungkannya karena Mesir untuk sementara menutup salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia. (Cnes2021, Airbus DS / AFP Distribution)




    Source