Sheva menikmati drama lima gol saat Ukraina mengalahkan Belanda

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM — Suasana hati pelatih timnas Ukraina, Andriy Shevchenko, campur aduk. Timnya mengalami kekalahan di laga perdana Grup C Piala Eropa.

Skuad Kuning Biru menyerah 2-3 kepada Belanda di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Senin (14/6) dini hari WIB. Jelas ada kekecewaan di benak Shevchenko.

Namun, jika melihat dinamika di lapangan, ia bangga dengan kerja keras yang ditunjukkan timnya. Laga ini berakhir imbang 0-0 hingga turun minum.

Baru di babak kedua, tuan rumah memimpin 2-0 lewat gol Georginio Wijnaldum di menit ke-52, dan Wout Weghorst (58). Ukraina menyamakan kedudukan menjadi 2-2, sebelum menit ke-80.

Adalah Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk yang mengoyak jala Belanda pada menit ke-75 dan ke-79. Lima menit sebelum waktu normal berakhir, Denzel Dumfries membuat Johan Cruijff bergemuruh di arena. Umpan silang Nathan Ake, diselesaikan oleh Dumfries dengan sebuah sundulan, mencetak gol untuk George Buschan.

“Saya ingin berterima kasih kepada tim saya. Untuk reaksi yang mereka tunjukkan. Terutama setelah tertinggal 2-0,” kata Shevchenko, dikutip dari situs resmi UEFA.

Menurutnya, dalam situasi tertinggal jauh, Ukraina tetap memberikan perlawanan berkelas. Hingga sepuluh menit terakhir, ketegangan melanda publik tuan rumah.

Secara keseluruhan, Sheva menikmati pertarungan ini. Baik Belanda maupun Ukraina sama-sama gencar menyerang lini belakang lawan.

“Itu adalah pertandingan yang sangat cepat dan menarik, dengan banyak peluang bagi kedua tim,” katanya.

Penyerang tim tamu, Andriy Yarmolenko baru sadar menghadapi rival berkelas. Tapi dia mendengar reaksi positif dari tim pelatih untuk pekerjaan mereka.

Meski begitu, ada sedikit kekecewaan. Untungnya, ini baru pertandingan pertama.

“Kami masih memiliki dua pertandingan lagi. Kami akan terus bermain dengan energi yang sama. Jika kami mampu lolos, itu akan menjadi luar biasa,” kata Yarmolenko.

Ini merupakan kekalahan pertama Ukraina di tahun 2021. Si Kuning dan Biru hanya gagal mencetak satu gol dalam 23 laga terakhir.

Sebuah statistik positif. Modal berharga bagi Yarmolenko dan rekan-rekannya untuk menghadapi Makedonia Utara, serta Austria.

Terkait

Meski menang, De Boer mengakui Ukraina menyulitkan Belanda

Pemain Belanda merayakan gol ke gawang Ukraina pada laga Grup C, di Amsterdam, Senin (14/6) dini hari WIB.

Kunci Kemenangan Belanda Menurut Frank de Boer

Laga Belanda vs Ukraina, di Johan de Cruff, Senin (14/6)

Shevchenko memuji timnya meski kalah dari Belanda

Denzel Dumfries dinobatkan sebagai pemain atau bintang terbaik pertandingan Belanda vs Ukraina.

Dumfries Jadi ‘Bintang Pertandingan’ Belanda Vs Ukraina

Pemain Belanda merayakan gol ke gawang Ukraina pada laga Grup C, di Amsterdam, Senin (14/6) dini hari WIB.

Belanda mengantongi tiga poin atas Ukraina



https://www.republika.co.id/berita/quo2k8456/sheva-nikmati-drama-lima-gol-saat-ukraina-ditekuk-belanda