SimilarWeb Menjadi Rekomendasi Alat Pengukuran Audiens Digital Terbaik

    TRIBUNNEWS.COM – Bagi para pelaku industri berbasis digital, pengukuran audience merupakan hal yang wajib dilakukan. Pengukuran audiens ini bertujuan untuk memahami perilaku konsumen sehingga pelaku industri dapat menyesuaikan diri dengan perilaku, gaya hidup, kebutuhan, dan keinginan konsumen. Semakin dalam dan akurat data tentang konsumen, maka semakin mudah pelaku industri digital memahami perilaku konsumen dan kemudian menentukan strategi ke depan.

    Oleh karena itu, pelaku industri digital harus memiliki alat ukur audiens yang memiliki keakuratan dan kemampuan data melaporkan kualitas teknologi yang mendetail dan mutakhir. Untuk itu, Asosiasi Digital Indonesia (IDA) sebagai asosiasi yang membawahi industri digital di Indonesia melakukan proses seleksi untuk memberikan rekomendasi alat ukur terbaik kepada para pelaku industri digital.

    Setelah melalui proses seleksi, IDA bersama tiga asosiasi terkait memilih SimilarWeb sebagai rekomendasi alat ukur audiens. Hal ini berdasarkan asesmen yang telah dilakukan IDA bersama Asosiasi Media Periklanan Asia Pasifik (AAPAM), Asosiasi Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I), dan Asosiasi Perusahaan Periklanan Indonesia (APPINA).

    Dari penilaian ini, SimilarWeb berada di depan 18% peron tindakan lain yang mengikuti proses pemilihan dalam hal data, pelaporan, layanan, dan biaya. Peron asal New York, USA memiliki kemampuan pelaporan yang baik karena kemudahan dan kecepatan dalam memperoleh data yang dianggap akurat. Tak hanya itu, detail data yang dihadirkan oleh SimilarWeb juga dinilai cukup mendalam.

    SimilarWeb sendiri adalah platform intelijen pasar yang memberikan pengetahuan (wawasan) situs web dan aplikasi seluler yang komprehensif untuk semua industri dan wilayah. Melalui fitur-fitur yang ditawarkan, SimilarWeb dapat membantu para pelaku industri digital untuk merancang strategi dan membidik pangsa pasar dengan lebih efisien. Dengan menggunakan SimilarWeb, ada empat keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengguna.

    Pertama, pengguna dapat mengetahui tren pasar global dan pengetahuan tentang perilaku berbagai audiens peron. Kedua, pengguna juga dapat memperbesar entitas digital dengan alat yang fleksibel dan laporan khusus.

    Selain itu, pengguna dapat mengakses data baru (dengan interval 48 jam) setiap hari, mingguan, dan bulanan untuk melacak perubahan musiman dan tahunan. Terakhir, pengguna dapat menghemat waktu dalam mengekstraksi pengetahuan pasar dan integrasi ke dalam alur kerja dengan UI atau API yang sederhana dan intuitif. .

    Ketua IDA Dian Gemiano dalam webinar IDA: Sosialisasi Platform Pengukuran Audiens Online SimilarWeb (6/4) mengatakan “Pemilihan SimilarWeb sebagai Mitra Pengukuran yang Didukung adalah rekomendasi untuk platform pengukuran audiens terbaik yang tersedia saat ini. Pasalnya, IDA, AAPAM, P3I, dan APPINA menyadari dan sepakat bahwa kompleksitas ekosistem digital Indonesia saat ini tidak memungkinkan industri periklanan digital untuk menentukan satu pengukuran audience yang harus diikuti semua pihak. pemangku kepentingan. Jadi, meskipun IDA merekomendasikan peron Similarweb sebagai teknologi terbaik, keputusan pemilihan peron “Alat pengukur audiens disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan,” ujar pria yang akrab disapa Gemi ini.

    Untuk pemilihan dan penentuan standar pengukuran digital lainnya yang tidak kalah pentingnya, IDA akan bekerjasama dengan Indonesia Digital Measurement Consortium (IDMC) sebagai badan yang ditunjuk oleh 5 asosiasi (P3I, APPINA, IDEA, AAPAM & IDA) untuk melakukan kajian, penilaian dan pengaturan standar akuntabel dan adil bagi semua pemangku kepentingan.

    SimilarWeb sendiri dikenal sebagai platform yang digunakan untuk menganalisis lalu lintas situs web dan membagikan peringkat situs web setiap bulan. Karena kemampuannya, SimilarWeb telah menjadi peron yang dipercaya oleh banyak perusahaan di dunia seperti Google, Facebook, Netflix, Microsoft, P&G, Johnson & Johnson dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, SimilarWeb menjadi rekomendasi untuk alat ukur audiens yang dipilih menurut IDA, AAPAM, P3I, dan APPINA.




    Source