Simulasi Sekolah Tatap Muka di Tangsel Belum Dilakukan

Wali Kota Tangsel mengatakan, simulasi dilakukan menunggu selesainya vaksinasi guru

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang Selatan masih mempersiapkan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) yang akan dijalankan di sekolah negeri dan swasta di Tangsel. Simulasi akan dilakukan seiring dengan selesainya sejumlah persiapan, termasuk sarana dan prasarana serta pelaksanaan vaksinasi bagi guru.

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan akan segera melakukan simulasi pembelajaran tatap muka di wilayahnya, menyambut baik wacana Pemerintah Pusat untuk membuka PTM pada Juli 2021. Menurutnya, setidaknya ada tiga hal yang menjadi dasar untuk memulai tatap muka. belajar di sekolah.

“Pertama sarana dan prasarana di dorong, dalam proses, kalau semua sudah siap kita simulasikan. Pokoknya Juli dibuka dan tidak dibuka, infrastrukturnya sudah siap, terutama di sekolah-sekolah negeri di Tangsel,” kata Airin. , Selasa (6/4).

Yang kedua adalah selesainya vaksinasi Covid-19 untuk pendidik atau guru. Diketahui vaksinasi untuk guru di Tangsel masih terbatas. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, jumlah guru yang sudah divaksinasi Covid-19 baru tercatat hampir 3 ribu orang. Sedangkan targetnya bisa menjangkau lebih dari 14 ribu orang, menurut Data Pendidikan Dasar (Dapodik) Dinas Pendidikan Kota Tangsel, artinya baru sekitar 21 persen yang terealisasi.

“Bagaimana dorong agar vaksinasi guru segera 100 persen, diharapkan April semua selesai, artinya Mei dan Juni imunitas antibodi mereka sudah ada, sehingga ke depan kebijakan baik dari pemerintah pusat maupun untuk Misalnya kita membuat kebijakan berdasarkan komunikasi dengan guru dan orang tua, baru bisa kita lakukan, ”terangnya.

Ketiga, tak lain kondisi penambahan kasus baru Covid-19 di Tangerang Selatan menjadi salah satu pertimbangan terpenting sebelum dilakukan sekolah tatap muka. Meski saat ini berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Banten terdapat tren penurunan dari penambahan kasus Covid-19 di Tangsel, kondisi Juli 2021 belum bisa dipastikan.




Source