Sinergi KSOP Jayapura dan Polda Papua dalam Optimalisasi Program Tol Laut Papua

    TRIBUNNEWS.COM – Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Otoritas Pelabuhan dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Jayapura terus melakukan upaya optimalisasi program Tol Laut, salah satunya dengan mengurangi disparitas harga di kawasan tersebut.

    Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Jayapura (KSOP Kelas II Jayapura), Taher Laitupa mengatakan, pihaknya sebagai koordinator wilayah pelabuhan di Provinsi Papua tentu tidak bisa berdiri sendiri, namun harus ada koordinasi dan sinergi dengan pihak lain. , salah satunya adalah Kepolisian Daerah (Polda).

    Untuk itu kami melakukan sosialisasi dan audiensi jalan Tol Laut dengan Kapolda Papua Irjen Pol Matius Fakiri, kata Taher, Senin (19/4/2021).

    Penerapan Tol Laut di Tanah Papua merupakan perwujudan salah satu visi Poros Maritim Indonesia. Tol Laut di wilayah tersebut adalah Rute T-19 dengan armada KM. Nusantara Logistics 2.

    “Hadirnya Tol Laut selain dapat mengurangi disparitas harga, juga dapat meningkatkan komoditas produksi lokal dan meningkatkan perekonomian daerah. Semua akan terwujud jika semua pihak bergandengan tangan untuk menciptakan sinergi dan koordinasi,” ujarnya.

    Dalam pertemuan tersebut, Kapolda Papua Irjen Pol Matius Fakiri menyampaikan apresiasinya atas implementasi Tol Laut di Papua.

    “Kami sangat mengapresiasi Program Nasional Presiden Joko Widodo yaitu Tol Laut yang dapat menjangkau daerah terisolir di kawasan 3TP seperti di pegunungan Papua,” ucapnya.

    Ia menegaskan, pihaknya juga akan mendukung optimalisasi Tol Laut di Papua. Apalagi dalam hal keamanan distribusi.

    “Hal ini tentunya dapat mendistribusikan perbekalan logistik dengan lancar bagi masyarakat yang membutuhkan dan dapat menurunkan keseimbangan harga yang terjadi di Papua serta terus mendukung proses penerapan Tol Laut di Papua,” pungkasnya.




    Source