Sirkuit Mandalika Masih Disiapkan Meski MotoGP Ditunda

Penundaan sebenarnya memberi waktu yang lebih baik bagi Indonesia untuk bersiap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan penundaan balapan MotoGP Mandalika tahun ini tidak akan mengurangi rencana persiapan yang sedang dilakukan. Diantaranya penyiapan sarana penunjang di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurut Sandiaga, penundaan tersebut sebenarnya memberikan waktu yang lebih baik bagi Indonesia untuk mempersiapkan gelar salah satu event sport tourism terbesar dunia tahun depan.

Karena kita akan punya waktu lebih banyak untuk persiapan dan promosi, karena akan ada ratusan ribu wisatawan yang hadir di ajang MotoGP di Mandalika, kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing di Jakarta, Senin (12/4).

Rencananya seri Mandalika MotoGP akan digelar musim ini, bahkan sudah masuk dalam daftar cadangan kalender MotoGP 2021. Namun, setelah perwakilan FIM dan Dorna Sports melakukan peninjauan lapangan di Sirkuit Mandalika pekan lalu, diputuskan bahwa MotoGP Indonesia bakal digelar pada paruh pertama musim MotoGP 2022.

Keputusan penundaan itu diambil dengan mempertimbangkan situasi di tengah pandemi Covid-19. Namun, perwakilan FIM dan Dorna Sports mengatakan mereka terkesan dengan rencana proyek dan standar keselamatan yang ditetapkan.

“Ini kesempatan kami untuk memaksimalkan persiapan, sekaligus uji coba sirkuit. Sehingga kami benar-benar memiliki tingkat kesiapan yang prima,” kata Sandiaga.

Sandiaga juga menegaskan kembali rencana perluasan dan penambahan Dana Hibah Pariwisata pada 2021. Dana Hibah Pariwisata tahun ini direncanakan tidak hanya menyasar industri hotel dan restoran, tetapi juga merambah ke biro perjalanan wisata, taman rekreasi, dan lain-lain.




Source