Siswa SMA/SMK Ditantang Belajar Bisnis Digital, 4 Bulan Operasi Buku Pendapatan Rp 110 Juta

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebanyak 323 siswa dari 15 SMA/SMK di Jakarta dan Bandung menjalani pelatihan bisnis dengan pendekatan digital melalui Program Student Company 2021.

    Menjelang puncak acara di bulan November, siswa dari 15 sekolah ini berlomba memaparkan kinerja bisnisnya dalam Kompetisi Perusahaan Pelajar Daerah secara online 2021, Sabtu (25/9/2021).

    Empat perusahaan mahasiswa terbaik hasil penilaian juri profesional berhak mewakili daerahnya untuk memperebutkan tiket emas ajang bisnis Asia Pasifik di kompetisi tingkat nasional.

    Program Student Company memfasilitasi pengembangan keterampilan kewirausahaan bagi siswa sekolah menengah dan sekolah menengah kejuruan melalui pengalaman langsung mengoperasikan usaha mikro secara mandiri di sekolah.

    Mereka diajak untuk belajar menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, memproduksi dan menjual produk, hingga melikuidasi perusahaan.

    Tahun ini, mahasiswa diberdayakan untuk memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah di komunitas mereka serta mengoptimalkan teknologi digital dalam operasi dan strategi bisnis mereka.

    Baca juga: BRINS dan Bukalapak Siapkan Asuransi Mikro untuk 8,5 Juta UMKM

    Selama periode program, relawan dari Citi Indonesia, AIG Indonesia, dan Marsh Indonesia yang menjadi pendukung kegiatan ini aktif memberikan bantuan untuk berbagi pengalaman dan inspirasi, terutama terkait pengelolaan perusahaan di era pandemi dan pemanfaatan digital marketing.

    Baca juga: Pusat Investasi Pemerintah Bantu Pelaku Usaha Mikro Naik Kelas

    Salah satu usaha mikro yang dibentuk oleh mahasiswa program Perusahaan Mahasiswa adalah Covarsi SC dari SMAN 81 Jakarta.

    Usaha yang dikelola oleh 26 mahasiswa ini menawarkan Pineary, sebuah paket bordir dengan bahan ramah lingkungan yang terbuat dari limbah daun nanas.

    Baca juga: Dalam Business Event Idea 2, Mahasiswa dari Berbagai Kampus Ditantang untuk Mengembangkan Jiwa Wirausaha

    Selama empat bulan, produk ini terjual sebanyak 150 unit yang kesemuanya didapat dari penjualan online melalui marketplace dan media sosial.



    https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/09/26/pelajar-smasmk-ditantang-belajar-bisnis-digital-4-bulan-beroperasi-bukukan-pendapatan-rp-110-juta