Sleman Resmikan Pemasaran Produk UMKM di Jaringan Toko

    REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN –Produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, resmi mulai dipasarkan di toko-toko modern dengan jaringan Indomaret, Jumat (1/10).

    Peresmian dilakukan langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang dipusatkan di Toko Indomaret, Jalan Magelang Km 8, Sleman. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman, Mae Rusmi Suryaningsih mengatakan, pemasaran produk UMKM ini merupakan tindak lanjut dari peraturan daerah yang kemudian menjadi peraturan daerah tentang kewajiban jaringan toko yang didirikan. di Sleman.

    “Ada dua kewajiban yang berlaku bagi toko berjejaring di wilayah Sleman yaitu mengutamakan menyerap tenaga kerja lokal dan kedua melakukan pembinaan, pendampingan dan pemasaran atau menjalin kerjasama dengan para pelaku usaha kecil di wilayah Sleman,” ujarnya.

    Menurutnya, saat ini sebanyak 300 pekerja telah mendapat kesempatan bekerja di toko berjejaring (Indomaret) di Sleman. “Selain itu, Disperindag dan Indomaret juga telah melakukan kurasi untuk pemasaran produk UMKM di Sleman,” ujarnya.

    Branch Manager Indomaret Yogyakarta, Suharsan, mengatakan kerjasama pihaknya dengan UMKM di wilayah Kabupaten Sleman merupakan bentuk dukungan terhadap UMKM. “Harapan kami UMKM bisa bertahan di tengah pandemi. Kami membuka akses seluas-luasnya bagi para pelaku UMKM untuk bisa ikut memasarkan produknya, tentunya dengan memenuhi persyaratan,” ujarnya.

    Dikatakannya, saat ini terdapat 147 produk UMKM Sleman yang sudah mulai dipasarkan di 132 jaringan gerai toko (Indomaret) yang tersebar di wilayah Sleman Barat dan Sleman Timur. Saat peresmian, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo beserta jajarannya meninjau langsung pemasaran produk UMKM di jaringan toko (Indomaret).

    Kustini juga berkesempatan melihat langsung display produk UMKM Sleman di Indomaret. Menurut Kustini, keberadaan produk UMKM Sleman di toko modern membuka peluang pengenalan dan pemasaran produk bagi masyarakat luas.

    Hal ini dinilai menjadi peluang yang baik bagi UKM Sleman untuk mengembangkan dan memperluas pemasaran produknya. “Dengan produk UMKM yang dipasarkan tentunya akan menambah ragam produk yang ditawarkan, tidak hanya menyediakan produk secara umum, tetapi juga memiliki keunikan dengan tersedianya produk UMKM khas Sleman,” ujarnya.

    https://repjogja.republika.co.id/berita/r0b1ku327/sleman-resmikan-pemasaran-produk-umkm-di-toko-berjejaring