SMK IPB Panen Ayam Tutup Rumah Pertama

    Penutup modern dengan sistem tertutup tertanam dalam teknologi.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sekolah Vokasi IPB University bersama PT Charoen Pokphand Indonesia melaksanakan panen pertama ayam. rumah tertutup, di Kampus IPB Sukabumi. Panen perdana ini menghasilkan sebanyak 10 ribu ekor ayam.

    Hari ini kami panen 10 ribu ekor. Umur ayam 32 hari dengan bobot sekitar 2 kilogram. Target kami panen tujuh kali dalam setahun, kata Wakil Manajer Kampus IPB Sukabumi, Hendri Wijaya, dalam sambutannya. Pernyataannya, Minggu (11/4).

    Rumah tertutup merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Sekolah Vokasi IPB University Kampus Sukabumi. Penutup modern dengan sistem tertutup yang tertanam dalam teknologi. Kandang modern ini mampu menampung hingga 50.000 ekor ayam.

    Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Arief Daryanto mengatakan, dibandingkan dengan open system atau open house, teknologi closed house dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas ternak. “Kandang tertutup sangat efisien. Kalau di kandang terbuka Feed Convertion Ratio bisa 1,6 – 1,8, di kandang tertutup hanya berkisar 1,3 – 1,4. Untuk indeks produksi (IP) ternak juga mencapai 400 , “jelasnya.

    Sementara itu, Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia Jemmy Wijaya menyampaikan terima kasih telah diberi kesempatan untuk bisa bersanding dengan dunia pendidikan. Ia menekankan pentingnya industri dan lembaga pendidikan bekerja sama untuk menciptakan tenaga kerja yang berkualitas.

    “Semoga apa yang sudah kita lakukan bersama bisa terus berlanjut seperti kandang modern ini kuat. Kandang ini diharapkan bisa bertahan lebih dari 20 tahun. Semoga selama itu kita bisa memberikan manfaat yang lebih,” tandasnya.

    Kolaborasi IPB University dengan PT Charoen Pokphand Indonesia memang sudah terjalin sejak lama. Sejak tahun 2006, Charoen Pokphand telah membangun enclosure modern di Kampus IPB Dramaga.




    Source