Soal Rekrutmen NII di Garut, Kemenag: Kita Kajian dan Eksplorasi

    IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Staf Khusus Menteri Agama (Menag), Mohammad Nuruzzaman mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim dari Badan Litbang dan Diklat untuk berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Jabar. Tujuannya adalah untuk melakukan kajian terkait kegiatan rekrutmen NII di pengajian masyarakat di Garut.

    “Kami memang menerima informasi terkait rekrutmen, dan polanya melalui pengajian, saat ini kami sedang mengkaji dan mendalami hal tersebut,” kata Nuruzzaman melalui siaran pers yang diterima Republik, Senin (11/10).

    Ia mengatakan, hasil kajian ini nantinya akan diserahkan ke Polri, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Dalam Negeri. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) untuk ditindaklanjuti sesuai kewenangannya.

    Menurut Nuruzzaman, Kemenag juga akan memberikan bantuan kepada sejumlah orang yang menjadi korban baiat. Mereka perlu diberikan edukasi dan pencerahan terkait hubungan agama dan negara, serta pentingnya penguatan moderasi beragama.

    “Kami akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban kesetiaan. Mereka tentu perlu mendapatkan pencerahan tentang hubungan agama dan negara, serta penguatan moderasi beragama,” katanya.



    https://www.ihram.co.id/berita/r0st73313/soal-rekrutmen-nii-di-garut-kemenag-kami-kaji-dan-dalami