Sosok Syed Ahmad Saadat, Mantan Menteri Afganistan yang Kini Menjadi Kurir Pizza

    TRIBUNNEWS.COM, JERMAN – Tanpa ragu dan ragu, Syed Ahmad Shah Saadat mengendarai sepeda dengan seragam oranye mengantarkan pizza ke pelanggannya di Leipzig, Jerman.

    Bahkan, peraih dua gelar master di bidang komunikasi dan teknik elektronik dari University of Oxford ini adalah Menteri Komunikasi dan IT Afghanistan di era pemerintahan Presiden Ashraf Ghani.

    Namun setelah dua tahun menjabat, ia mengundurkan diri karena berselisih dengan Ghani.

    Dia kemudian pergi ke Jerman untuk mencari nafkah.

    Foto Syed Ahmad Shah Saadat mengantarkan pizza menjadi viral.

    Gambar yang diposting oleh Al Jazeera Arabia dan media lokal lainnya menunjukkan Syed Ahmad Shah Saadat mengantarkan pizza dengan sepedanya di Leipzig, Jerman.

    Fakta bahwa Saadat adalah seorang pengantar pizza juga disampaikan oleh seorang jurnalis Jerman yang mengaku pernah melihatnya di jalan saat mengantarkan pizza menggunakan sepeda.

    “Beberapa hari yang lalu, saya bertemu dengan seorang pria yang mengaku sebagai menteri komunikasi Afghanistan selama dua tahun terakhir. Saya bertanya apa yang dia lakukan di Leipzig?” dia berkata.

    Saadat menjawab, “Saya berkendara dari Essen menuju Lieferando”.

    Lieferando adalah layanan pengiriman makanan di Jerman.

    Baca juga: Sosok Zarifa Ghafari, walikota wanita pertama di Afghanistan yang menyerah untuk dibunuh oleh Taliban



    https://www.tribunnews.com/internasional/2021/08/26/sosok-syed-ahmad-saadat-mantan-menteri-afghanistan-yang-kini-jadikurir-pizza