Sosok Umbu Landu Paranggi di mata Cak Nun: Guru yang baik dan suka berpuasa

    TRIBUNNEWS.COM – Sosok Umbu Landu Paranggi bagi Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) adalah sosok yang tidak memiliki nafsu duniawi dan tahan berpuasa.

    Dikutip dari kanal YouTube Pengajar Digital di acara ‘Cerita Tentang Guru Cak Nun, Umbu Landu Paranggi’, Selasa (6/4/2021), Cak Nun mengungkapkan kekagumannya pada Umbu.

    Sosok pria yang dikaguminya itu ternyata berpuasa setiap tanggal 27 yang diketahui sebagai hari lahir Cak Nun yaitu 27 Mei 1953.

    Cak Nun menjelaskan bahwa Umbu telah berpuasa di hari kelahirannya selama lebih dari puluhan tahun.

    “Enggak se-sejarah sama dia (Umbu). Wong kok pegang nek ra hawa nafsu, apa gak mau dunia, bisa puasa. (merah- Kenapa orang bisa tahan jika mereka tidak bersemangat). “

    “Dan dia mendandani saya setiap 27. Ternyata selama puluhan tahun dia masani saya, saya dewi poso, lho. (merah-Ternyata selama puluhan tahun dia berpuasa untuk saya, saya sendiri tidak pernah berpuasa lho). “

    “Di hari ulang tahunku, dee masani aku mengagumi aku yoan, gila memikirkanku (merah- Di hari ulang tahunku, dia berpuasa untukku, aku juga kagum, puasa gila untukku), “kata Cak Nun.

    Baca juga: Penyair Umbu Landu Paranggi Meninggal di Bali

    Cak Nun juga mengatakan bahwa Umbu adalah guru yang baik dalam hidupnya.

    Bagi Cak Nun, Umbu adalah guru yang baik yang menemaninya dalam mengembangkan dirinya.

    “Guru yang baik bukan mulang (mengajar), guru yang baik mendampingi potensi manusia untuk berkembang subur,” kata Cak Nun.




    Source