Sri Mulyani Berharap Bupati Jadikan Daerah Lebih Kompetitif, Sehat dan Terus Berkembang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan tren pemulihan ekonomi global terus berlanjut, sehingga optimisme masih tinggi, meskipun faktor risiko harus tetap diwaspadai.

“Ada hal positif dimana dengan membaiknya perekonomian global, ekspor nasional selama dua bulan berturut-turut tumbuh di atas 50%, harga komoditas juga sudah mulai naik, jadi ini menjadi kabar baik bagi pemerintah daerah yang memiliki keunggulan komparatif di pasar. sektor komoditas.

Namun, di sisi lain, kami tetap mewaspadai potensi gejolak keuangan akibat lonjakan inflasi di Amerika Serikat yang dapat mengubah kebijakan moneter dan mempengaruhi seluruh dunia,” kata Sri Mulyani saat Rapat Kerja Nasional. dan pelantikan 114 bupati sebagai Pengurus Besar Masa Jabatan 2021-2026 di Bali.

Kegiatan pengukuhan yang bertepatan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIII Persetujuan 2021 ini berlangsung secara hybrid dengan menerapkan prosedur CHSE (kebersihan, kesehatan, keselamatan & kelestarian lingkungan) dan protokol kesehatan yang ketat.

Sri Mulyani menegaskan daerah juga harus tetap berhati-hati karena dampak vaksinasi Covid-19 belum merata ke seluruh dunia.

“Kita harus tetap waspada karena Covid-19 tidak mengenal batas negara.

Baca juga: Keinginan Sri Mulyani untuk mengenakan pajak sembako akan digagalkan Fraksi Demokrat DPR

Kita perlu berhati-hati dalam suasana penanganan Covid-19 di tanah air sembari kita mengelola kebijakan fiskal dalam memulihkan kondisi sosial ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Pada 2020, Sri Mulyani menjelaskan, data ekonomi nasional terpukul sangat dalam.

Ia mengatakan pada 2019 ekonomi nasional Indonesia tumbuh 5% dan pada 2020 akibat Covid-19 kita mengalami kontraksi 2% dan Bali menjadi salah satu daerah yang terdampak dengan mengalami minus 9,3%.

“Tahun 2021 kita berharap bisa pulih dengan menggunakan semua instrumen kebijakan. Di pemerintah kabupaten instrumen yang paling penting adalah APBD.



https://www.tribunnews.com/nasional/2021/06/21/sri-mulyani-berharap-bupati-buat-daerahnya-lebih-kompetitif-sehat-dan-terus-membangun