Staf Mensesneg Faldo Maldini Tegaskan Tidak Ada Negara yang Bebas dari Pandemi Covid-19 Sendiri

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini mengatakan tidak ada negara yang bebas dari pandemi ini sendirian.

    Faldo mencontohkan Singapura yang berusaha membuka kembali negaranya kepada orang lain, namun justru mendapati kasus Covid-19 di negara tersebut kembali meningkat.

    “Kalau kita lihat tidak ada satu negara pun yang bebas dari pandemi ini saja, kemarin contoh terbaru Singapura mencoba membuka perbatasan tapi ternyata kasusnya naik lagi,” kata Faldo, dalam diskusi Polemik Trijaya bertajuk ‘Pandemi Ekonomi Politik ‘, Sabtu (30/7). /2021).

    Singapura kembali mengalami peningkatan kasus di negaranya, Faldo menilai karena negara lain yang dekat dengan Singapura sendiri belum mampu memerangi Covid-19 secara tuntas.

    Negara yang dimaksud Faldo adalah Indonesia atau Malaysia yang memang dekat dengan Singapura.

    “Kenapa? Karena mungkin Indonesia yang tidak benar, atau mungkin Malaysia yang tidak benar,” jelasnya.

    Baca juga: Pemerintah Singapura Perketat Protokol Kesehatan Saat Kasus Covid-19 Kembali Melonjak

    Politisi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu menegaskan, tidak ada negara yang bisa menyelesaikan masalah pandemi Covid-19 sendirian.

    “Saat ini permainan tidak ada satu negara yang menyelesaikan sendiri, jadi tidak bisa. Pak Jokowi mengatakan tidak ada kebijakan berdasarkan negara saya, jadi untuk konteks Indonesia, PPKM dalam volume adalah strategi untuk keluar dari masalah ini,” katanya.



    https://www.tribunnews.com/corona/2021/07/31/stafsus-mensesneg-faldo-maldini-tegaskan-tak-ada-negara-yang-bebas-dari-pandemi-covid-19-sendirian