Stok Darah Rendah, Sukabumi Dorong Donor Darah Curah

    REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI – Saat bulan puasa stok darah di PMI menurun. Hal itu direspon sejumlah masyarakat di Sukabumi dengan melakukan donor darah massal.

    Salah satunya dilakukan Ikatan Tionghoa Indonesia (INTI) Cabang Kota Sukabumi yang menggelar donor darah di Sekretariat INTI di Lapangan Danalaga, Kota Sukabumi, Minggu (2/5). “Saya bersyukur rencana pendonor terlaksana dengan baik dan ditargetkan terkumpul 150 labu,” kata Ketua Pelaksana Donor Darah INTI Sukabumi, Gunawan kepada wartawan.

    Ia mengucapkan terima kasih kepada peserta donor darah dan Pemerintah Kota Sukabumi yang telah mendukung kegiatan ini. Aksi donor darah ini sudah rutin digelar INTI minimal tiga kali dalam setahun.

    Gunawan mengatakan, donor darah ini untuk membantu warga yang membutuhkan labu darah dalam rangka berobat. Misalnya penderita thalesemia.

    Ketua INTI Kota Sukabumi, Hendi Effendi menambahkan, apresiasinya kepada peserta yang mendonorkan darahnya atas kegiatan ini. “Donor darah rutin diadakan dan khususnya di bulan Ramadhan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan,” imbuhnya.

    Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, Pemprov Sukabumi memberikan apresiasi kepada keluarga besar INTI yang membantu kebutuhan darah, misalnya penderita thalesemia. Pasalnya di bulan Ramadhan stok labu darah mengalami penurunan drastis.

    Sehingga donor darah ini dapat meningkatkan ketersediaan labu darah. Oleh karena itu atas nama Pemkot mengucapkan terimakasih kepada INTI yang telah menyelenggarakan kegiatan Donor Darah.

    “Stok labu darah Ramadhan sangat penting dan menyambut baik inisiatif INTI menggelar donor darah,” kata Fahmi. Hal ini sebagai wujud cinta dan kerjasama dalam menjaga Sukabumi dari segi kesehatan serta memberikan dukungan kepada keluarga besar Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalesemia (Popti).


    Source