Strategi Nol Kasus COVID China Dapat Membuat Negara Terisolasi Selama Beberapa Tahun

    Berbeda dengan beberapa negara Barat yang menganut strategi ‘living with the virus’, China menerapkan kebijakan ‘zero case’ COVID19 dengan aturan yang ketat.

    Namun risikonya adalah China bisa tertutup dari dunia luar hingga 2023.

    Varian Delta yang menyebar cepat telah memaksa beberapa negara yang telah dikunci ketat, seperti Singapura dan Australia, untuk mulai memikirkan kembali strategi.

    Ketika seorang ahli penyakit menular China menyarankan hal yang sama bulan lalu, ada tentangan besar baik dari Pemerintah maupun dari netizen di China.

    Zhang Wenhong, direktur penyakit menular di sebuah rumah sakit besar di Shanghai, menulis sebuah postingan di jejaring sosialnya.

    “Semakin banyak orang merasa bahwa pandemi tidak akan berakhir dalam waktu dekat dan mungkin juga tidak akan berakhir dalam jangka panjang,” tulisnya.

    “Banyak ahli penyakit menular di seluruh dunia percaya bahwa sekarang virus corona telah diselesaikan dan dunia harus belajar untuk hidup berdampingan dengannya.”

    Postingan itu muncul pada saat China menghadapi transmisi varian Delta, yang telah menyebar dari Nanjing ke 12 kota lain dalam beberapa pekan terakhir.

    Jumlah itu masih rendah sekitar 100 kasus per hari di negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa itu.

    Namun, kehadiran kasus penularan baru ini membuat Dr Zhang menyarankan agar China mulai membuka diri terhadap kebijakan ketat yang saat ini berlaku, seperti melarang warga China bepergian ke luar negeri, kebijakan yang mirip dengan Australia.



    https://www.tribunnews.com/australia-plus/2021/08/14/strategi-nol-kasus-covid-yang-diterapkan-china-bisa-membuat-negaranya-terisolasi-beberapa-tahun