Supermarket Inggris Terancam Dengan Stok Makanan

    100.000 pengemudi truk yang membawa bahan makanan telah berhenti bekerja.

    REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Supermarket di Inggris terancam kekurangan pangan dan rantai pasokan ambruk pada musim panas ini. Ini karena pandemi Covid-19 dan Brexit. Kedua hal ini menyebabkan lebih dari 100.000 pengemudi truk yang membawa sembako berhenti bekerja.

    Pelaku industri makanan telah mengirimkan surat kepada Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada 23 Juni. Dalam surat tersebut, pelaku industri menyerukan intervensi swasta untuk memungkinkan akses tenaga kerja dari Eropa, dengan memperkenalkan visa pekerja sementara untuk pengemudi truk bahan makanan.

    Namun juru bicara pemerintah mengatakan, dengan sistem imigrasi pasca-Brexit, industri harus mempekerjakan pekerja lokal sebagai gantinya. Pandemi telah memperburuk masalah setelah banyak pengemudi Eropa yang tinggal di Inggris kembali ke negara asal mereka.

    “Supermarket telah melaporkan bahwa mereka tidak menerima stok makanan yang diharapkan dan sebagai hasilnya, ada banyak limbah,” kata kepala eksekutif Road Haulage Association Richard Burnett.

    Industri supermarket Inggris, yang dipimpin oleh Tesco, Sainsbury’s, Asda dan Morrisons, bergantung pada pengemudi dan pekerja gudang untuk membawa produk segar dari Eropa. Industri logistik Inggris telah menjadi salah satu kritikus paling vokal atas kepergian Inggris dari Eropa. Industri logistik memperingatkan bahwa pengemudi truk tidak akan mau datang ke Inggris jika pemeriksaan dan gesekan meningkat di perbatasan.

    Dalam surat tersebut, pelaku industri mengatakan intervensi dari pemerintah merupakan satu-satunya cara agar rantai pasokan pangan tidak terhenti. Pelaku industri mengatakan lonjakan permintaan makanan dan minuman akan terjadi di musim panas bertepatan dengan pembukaan kembali ekonomi.

    Sebagai tanggapan, seorang juru bicara pemerintah mengatakan telah membuat kemajuan dalam perekrutan dan pelatihan. “Sistem imigrasi berbasis poin baru kami memperjelas bahwa pengusaha harus fokus berinvestasi pada tenaga kerja domestik kami, terutama mereka yang perlu mencari pekerjaan baru, daripada mengandalkan pekerja dari luar negeri,” katanya.

    sumber: reuters



    https://www.republika.co.id/berita/qvbxjf368/supermarket-inggris-terancam-kekurangan-stok-bahan-pangan