Suriah Menyalahkan Israel atas Serangan Rudal di Damaskus

Suriah mampu menembak jatuh sebagian besar misil.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS – Serangan rudal di dekat ibu kota Suriah, Damaskus, dilaporkan melukai empat tentara Suriah. Media Suriah mengatakan pemerintah menyalahkan Israel atas serangan itu.

Kantor berita negara Suriah SANA, mengutip seorang pejabat militer yang mengatakan pertahanan udara Suriah mampu menembak jatuh sebagian besar rudal sebelum mengenai sasaran mereka pada Kamis (8/4).

Dilansir dari Aljazair, warga Damaskus melaporkan mendengar sedikitnya satu ledakan. “Rudal itu ditembakkan dari arah tetangga Lebanon dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel,” kata televisi pemerintah.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, sebuah pemantau perang, melaporkan bahwa sebuah pos militer di dekat Damaskus menjadi sasaran, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. TV Al-Manar, dari kelompok Hizbullah Lebanon, mengatakan salah satu rudal pertahanan udara Suriah meledak di dekat perbatasan Lebanon-Suriah dan terdengar di beberapa bagian Lebanon selatan. Rudal itu jatuh di dekat desa perbatasan Lebanon, Houla.

Agresi Israel

Israel telah melakukan ratusan serangan terhadap target militer terkait Iran di Suriah selama bertahun-tahun tetapi jarang mengakui atau membahas operasi semacam itu. Pada bulan Februari, tentara Suriah mengatakan pertahanan udara negara itu mencegat “agresi Israel” di Damaskus. “Serangan itu menewaskan sedikitnya sembilan pejuang pro-pemerintah,” kata pengawas perang yang berbasis di Inggris pada saat itu.

Israel memandang benteng Iran di perbatasan utara sebagai garis merah, dan telah berulang kali menyerang fasilitas terkait Iran dan konvoi senjata menuju Hizbullah. Sumber intelijen Barat mengatakan pengaruh militer Iran telah meluas di Suriah dalam beberapa tahun terakhir. Ini mendorong Israel untuk meningkatkan kampanyenya untuk mencegah Iran membangun pijakan militer yang signifikan di sepanjang perbatasannya.

Milisi proksi Iran, yang dipimpin oleh Hizbullah Lebanon, sekarang menguasai sebagian besar wilayah timur, selatan dan barat laut Suriah, serta beberapa pinggiran kota di sekitar Damaskus. Mereka juga menguasai wilayah perbatasan Lebanon-Suriah.




Source