Survei: Belanja Online Pilihan Kebanyakan Orang

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Belanja online sudah menjadi pilihan sebagian besar masyarakat. Setiap pelanggan juga memiliki preferensi yang berbeda saat berbelanja.

    Keragaman preferensi online ini disorot oleh survei Populix yang mengungkapkan bahwa 40 persen pelanggan pria lebih tertarik untuk berbelanja perdagangan elektronik klo ada promo. Sedangkan pelanggan wanita lebih termotivasi untuk berbelanja dengan fasilitas gratis ongkos kirim.

    Masih berdasarkan survei, kelompok orang yang paling banyak berbelanja online adalah mereka yang berasal dari kategori usia milenial dan GenZ. Survei ini melibatkan 6.285 responden di seluruh Indonesia.

    “Usia 18-21 dan 22-28 tahun memiliki angka tertinggi dalam aktivitas belanja online dengan masing-masing 35 persen dan 33 persen suara koresponden,” kata survei Populix dalam siaran pers beberapa waktu lalu.

    Disebutkan pula bahwa mayoritas konsumen yang berbelanja online, sebanyak 40 persen berasal dari Pulau Jawa (non-Jabodetabek). Sedangkan 31 persen lainnya berasal dari Jabodetabek.

    Survei tersebut juga menyebutkan sejumlah produk yang paling sering dibeli konsumen di perdagangan elektronik. Dikatakan, alat make up dan kosmetik merupakan produk terlaris yang dibeli konsumen. Angka tersebut mencapai 49 persen dari total responden.

    Memulai rangkaian festival Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) hingga akhir tahun, perdagangan elektronik Blibli kembali menghadirkan program diskon melalui #AyoBelanjaSeru untuk pelanggan.

    Program #AyoBelanjaSeru dimulai dari tanggal 1-9 September 2021 dan menghadirkan berbagai merek juga promosi menarik sesuai tren yang diminati pelanggan.

    “Program #AyoBelanjaSeru bertujuan untuk memenuhi semua preferensi tersebut, dengan mengkurasi berbagai produk sesuai kebutuhan pelanggan. Belanja seru juga bisa dinikmati mulai hari ini, tanpa harus menunggu puncak Harbolnas di akhir tahun,” ujar Blibli Project Lead #AyoBelanjaSeru, Deva Handayani, Jumat.

    Untuk itu, #AyoBelanjaSeruBlibli kali ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan seluruh pelanggan, karena berbagai penawaran dan promo dirancang untuk memberikan pengalaman berbelanja yang seru.

    Deva menambahkan, rangkaian program #AyoBelanjaSeru tidak hanya pembukaan menuju Harbolnas yang ditunggu-tunggu pelanggan. “Tapi juga momentum untuk mengajak pelanggan meramaikan dan menikmati keseruan belanja online untuk mewujudkan wishlist mereka bersama Blibli,” ujarnya.

    https://repjogja.republika.co.id/berita/qyuvw4291/survei-belanja-daring-pilihan-sebagian-besar-masyarakat