Survei IPO: Kepuasan Masyarakat Terhadap Pemprov Banten Capai 63 Persen

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia Political Opinion (IPO) mempublikasikan hasil survei pengukuran persepsi publik terhadap kinerja Pemprov Banten yang akan dilaksanakan pada 29 November hingga 2 Desember 2021.

    Hasil survei IPO menunjukkan kepuasan terhadap kinerja Pemprov Banten secara umum memuaskan, mencapai 63 persen, dengan rincian sangat puas 4 persen dan puas 59 persen.

    “Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemprov Banten jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pemerintah pusat, 63 persen berbanding 51 persen. Ini pertanda kiprah Gubernur Wahidin Halim lebih dikenal ketimbang kiprah Gubernur. Presiden,” kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah dalam keterangan tertulis, Senin. (13/12/2021).

    Kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemprov Banten didasarkan pada tiga aspek, pertama, penyaluran bansos mendapat persepsi sangat memuaskan 7 persen, memuaskan 62 persen.

    Baca juga: Hasil Survei Indopol: Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi, Juara Kedua Ganjar Pranowo

    Kedua, mengenai stabilitas harga sembako selama pandemi sangat memuaskan 11 persen memuaskan 53 persen.

    Ketiga, terkait situasi politik dan penegakan hukum, 6 persen dinilai sangat memuaskan, 51 persen memuaskan.

    “Tiga bidang utama yang difoto diketahui bidang politik dan penegakan hukum yang paling rendah perhatian kepuasannya, tapi itupun masih di atas 50 persen,” kata Dedi.

    “Kondisi ini bisa terjadi karena dua hal, kondisi sosial politik di Provinsi Banten yang memang stabil, atau warga yang cenderung patuh pada ketegasan pemerintah dalam menjalankan pemerintahan,” tambah Dedi.

    Khusus di bidang penanganan pandemi, sebanyak 69 persen responden menyatakan puas dengan kinerja Pemprov Banten.

    Dedi mengatakan, pernyataan kepuasan tersebut didukung oleh tingkat kepuasan 61 persen terhadap pelayanan kesehatan, 74 persen keterbukaan informasi terkait pandemi, 49 persen keberhasilan sosialisasi protokol kesehatan, dan 53 persen ketegasan implementasi kebijakan PPKM.

    Baca juga: Survei CISA: Kepuasan Masyarakat Terhadap Pemerintah 44,3%, Ganjar Pranowo Tetap di Peringkat Pertama

    Perbedaan penilaian terlihat dari persepsi masyarakat terhadap kinerja gubernur dan wakil gubernur Provinsi Banten.

    Wahidin Halim mendapat tingkat kepuasan masyarakat sebesar 68 persen, dengan rincian sangat memuaskan 11 persen, dan memuaskan 57 persen.

    Sedangkan Andika Hazrumy mengantongi persepsi kepuasan sebesar 50 persen, dengan rincian sangat memuaskan 3 persen dan memuaskan 47 persen.

    “Perbedaan tingkat kepuasan masih dalam koridor rasional, di daerah manapun wakil selalu lebih rendah dari gubernur, tapi ini pertanda baik, karena gubernur lebih dominan, namun tanggung jawab terbesar ada pada gubernur,” tutupnya. Dedi.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/12/13/survei-ipo-kepuasan-publik-ke-pemprov-banten-capai-63-persen