Survei: Kepuasan Kinerja Jokowi-Ma’ruf 47,1 Persen

Kepuasan kinerja Jokowi dan Ma’ruf Amin di bawah 50 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Direktur Eksekutif Studi Kepresidenan Indonesia (IPS) Nyarwi Ahmad merilis hasil survei terkait kepuasan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin dalam sambutannya. Maret 2021. Hasilnya adalah kepuasan kinerja. Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin berada di bawah angka 50 persen, yakni 47,1 persen.

Angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan survei yang dilakukan pada September 2020 sebesar 49,9 persen. Penurunan angka tersebut menunjukkan sinergi pasangan antara positioning presiden dan wakil presiden belum optimal, kata Nyarwi dalam diskusi online, Rabu (21/4).

Dalam survei yang sama, Nyarwi mengungkapkan tingkat kepuasan kinerja Ma’ruf pada Maret 2021 cukup rendah, yakni 35,5 persen. Rendahnya tingkat kepuasan kinerja wakil presiden perlu menjadi perhatian wakil presiden agar dapat membantu mendongkrak kinerja pasangan.

“Saya kira Wapres butuh strategi khusus,” ujarnya.

Sedangkan kepuasan Presiden Jokowi dinilai cukup baik dibandingkan dengan kepuasan kinerja pasangan tersebut. Kinerja Presiden Jokowi pada Maret mencapai 52,6 persen.

Pada September 2020, kepuasan kinerja Presiden Jokowi berada di angka 61,3 persen. Dalam kurun waktu lebih dari tujuh bulan, September 2020-Maret 2021, kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi menurun hampir 9 persen. Perlu ada terobosan baru dari Presiden Jokowi untuk meningkatkan kepuasan masyarakat atas kinerja Presiden Joko Widodo dalam menjalankan pemerintahan. ,” dia berkata.

Survei IPS dilakukan pada Maret 2021. Survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka multistage pengambilan sampel secara acak. Survei tersebut melibatkan 1.200 responden.




Source