Survey: 69,9% Masyarakat Menilai Kondisi Ekonomi Indonesia Saat Ini Buruk Tapi Optimis Akan Meningkat

    Wartawan Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Lembaga Survei Nasional Charta Politica Indonesia, merilis hasil survei terbarunya yang mengungkap penilaian publik terhadap kondisi ekonomi Indonesia saat ini di masa pandemi Covid-19.

    Direktur Eksekutif Charta Politica Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan, berdasarkan temuan pihaknya melalui survei menunjukkan bahwa masyarakat menilai perekonomian Indonesia saat ini sedang buruk/sangat buruk.

    Hal ini dibuktikan dengan lebih dari 65 persen responden menilai Indonesia saat ini sedang mengalami kondisi ekonomi yang buruk.

    “Ada 65,9 persen responden yang menyatakan kondisi ekonomi (Indonesia) saat ini buruk/sangat buruk, dengan 2,4 persen lainnya tidak menanggapi,” kata Yunarto saat menyampaikan hasil survei terbarunya secara online, Kamis (12/8/2021). . .

    Baca juga: Survei Charta Politica: Sebanyak 43,8% masyarakat tidak yakin kebijakan PPKM dapat berjalan dengan baik

    Adapun 65,9 responden terbagi menjadi dua kelompok, yaitu 57,9 persen responden menilai perekonomian Indonesia buruk dan 8,0 persen menyatakan sangat buruk.

    Sedangkan responden yang menilai kondisi perekonomian Indonesia dalam kondisi baik hanya 31,7 persen.

    “Ada 1,7 persen yang menilai (perekonomian) sangat baik dan 30,0 persen menganggap baik,” katanya.

    Meski begitu, masyarakat atau responden yang dominan, kata Yunarto, meyakini atau optimistis perekonomian Indonesia membaik.

    Dimana sebanyak 60 persen responden meyakini perekonomian Indonesia akan membaik di tahun depan.



    https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/08/12/survei-699-masyarakat-nilai-kondisi-ekonomi-indonesia-saat-ini-buruk-tapi-optimis-akan-membaik