Suu Kyi meminta untuk bertemu langsung dengan pengacaranya

    Suu Kyi hanya diperbolehkan berbicara dengan pengacaranya melalui video call

    REPUBLIKA.CO.ID, YANGON – Pemimpin sipil Myanmar Aung Sang Suu Kyi pada Senin (12/4) meminta pengadilan diizinkan untuk bertemu langsung dengan pengacaranya. Hal tersebut diungkapkan Suu Kyi saat tampil di persidangan yang digelar melalui video call.

    Selama persidangan, Suu Kyi hanya diizinkan untuk berbicara dengan pengacaranya melalui panggilan video di depan penjaga keamanan. Suu Kyi telah ditahan sejak kudeta militer pada 1 Februari atas berbagai tuduhan termasuk melanggar tindakan rahasia era kolonial yang bisa membuatnya dijatuhi hukuman penjara 14 tahun.

    “Kami hanya dapat berbicara tentang masalah hukum,” pengacara Suu Kyi, Min Min Soe, mengatakan kepada Reuters ketika ditanya apakah tim hukumnya dapat mengadakan pembicaraan mengenai protes yang telah menewaskan 700 orang itu.

    Min Min Soe mengatakan, Suu Kyi sering mengulangi permintaannya untuk bertemu dengan tim kuasa hukumnya di setiap persidangan. Sidang selanjutnya akan digelar pada 26 April.

    Suu Kyi didakwa memiliki radio dua arah secara ilegal dan melanggar protokol virus corona. Dia juga dituduh melakukan suap oleh dewan militer yang kini memerintah Myanmar. Pengacara Suu Kyi mengatakan tuduhan yang dilontarkan terhadap kliennya tidak berdasar.

    sumber: Reuters




    Source