Syarat pasien Covid-19 dinyatakan bebas isolasi mandiri

Pasien Covid bisa lepas masa isolasi jika sudah 10 hari ditambah 3 hari gejala sudah hilang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Praktisi klinis, pendidik pemerhati kesehatan dan relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i mengatakan pasien Covid-19 bisa keluar masa isolasi atau dikatakan sembuh jika sudah 10 hari ditambah 3 hari gejalanya hilang.

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada itu mengatakan, penetapan jumlah hari isolasi merupakan pedoman terbaru yang digunakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sedangkan pasien Covid-19 dengan gejala berat bisa dikatakan lebih lama.

“Pertanyaannya, kalau gejalanya sudah hilang 5 hari, dan kalau PCR negatif harus tetap dikarantina? Dia masih harus menunggu sampai 10 dan kemudian ditambah 3 hari, baru pada hari ke-14 dia baru bisa menyelesaikan isolasi. , padahal sudah tidak pakai tes PCR lagi,” ujarnya. , Sabtu (10/7).

Pedoman kesehatan yang dikeluarkan oleh CDC juga menyatakan bahwa untuk mengakhiri masa isolasi tidak perlu dilakukan tes swab. Namun idealnya, seorang pasien Covid-19 harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama yang melakukan isolasi mandiri sebelum dinyatakan bebas virus corona.

“Pada dasarnya kenapa tidak perlu dicek ulang, karena kalau sudah lebih dari 14 hari risiko penularannya kecil. Nilai CT atau PCR positif bisa sampai 3 bulan ke depan. Kecuali ada gejala. Misalnya saja. , hari ke 10 sudah sembuh, dan hari ke 15 batuk lagi. , demam lagi, meriang lagi harus dicek, bisa dicek ulang asal ada indikasi, kalau normal ya tidak apa-apa, ” dia berkata.

Menurut dr. Fajri, masalahnya adalah orang yang tidak bisa membedakan gejala ringan dan gejala hilang. Gejala ringan selama isolasi diri meliputi sesak napas, nyeri tubuh, nyeri sendiri, nafsu makan berkurang dan pusing. Masalah kesehatan tersebut merupakan bagian dari gejala ringan yang harus diperhatikan dan tidak boleh diabaikan oleh pasien Covid-19. Hal ini akan menjadi panduan untuk menentukan apakah seseorang dapat dikeluarkan dari masa karantina atau tidak.

“Makanya lebih baik lapor agar mendapat arahan yang baik, ke Puskesmas atau 11 telemedicine,” ujarnya.

sumber : Antara



https://www.republika.co.id/berita/qw0sl0335/syarat-pasien-covid19-dinyatakan-bebas-isolasi-mandiri