Taiwan: China Memiliki Kemampuan Invasi Skala Penuh pada tahun 2025

    Dalam beberapa hari terakhir China telah mengirim lusinan pesawat tempur ke Taiwan

    REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI — Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng mengatakan China akan memiliki kemampuan untuk melakukan invasi skala penuh pada 2025. Hal ini diumumkan Rabu setelah China mengirim puluhan pesawat tempur ke pulau yang dikelola negara itu. demokrasi.

    Taiwan melaporkan bahwa dalam kurun waktu empat hari terhitung sejak Jumat (1/10) lebih dari 150 pesawat tempur angkatan udara China memasuki zona pertahanan mereka. Taipei mengatakan pelanggaran itu adalah bagian dari upaya China untuk mengganggu pulau yang mereka klaim.

    Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mengatakan dia telah berbicara dengan Presiden China Xi Jinping untuk setuju mematuhi perjanjian Taiwan. “Saya sudah berbicara dengan Xi tentang Taiwan,” kata Biden.

    “Kami setuju untuk mematuhi perjanjian Taiwan, kami menjelaskannya. Saya pikir dia tidak boleh melakukan apa pun selain mematuhi perjanjian itu,” tambahnya.

    Pada Selasa (5/10) dan Rabu (6/10) Penasihat Keamanan Nasional Biden, Jake Sullivan, akan mengadakan pembicaraan dengan diplomat top China, Yang Jiechi, di Swiss. Pembicaraan itu terjadi ketika ketegangan antara kedua negara meningkat atas sejumlah masalah termasuk Taiwan.

    “Keduanya bertujuan untuk membangun kembali saluran komunikasi dan mengimplementasikan konsensus yang dicapai antara presiden Xi Jinping dan Joe Biden,” lapor surat kabar South China Morning Post.

    Minggu ini Gedung Putih menyatakan keprihatinan Beijing merusak perdamaian dan stabilitas di kawasan itu dengan tindakan ‘provokatif’. Dalam beberapa hari terakhir China telah mengirim puluhan pesawat tempur ke Taiwan.

    sumber: Reuters



    https://www.republika.co.id/berita/r0jm33459/taiwan-china-punya-kemampuan-invasi-skala-penuh-di-2025