Taliban Klaim Kontrol Sebagian Besar Afghanistan

IHRAM.CO.ID, Taliban telah memberikan pernyataan resmi pada Jumat (9/7) bahwa mereka telah menguasai 85 persen wilayah di Afghanistan. Namun pernyataan ini ditolak oleh pejabat pemerintah yang menuduhnya sebagai bagian dari kampanye propaganda.

Namun, pejabat Afghanistan setempat mengatakan pejuang Taliban kini telah merebut sebuah distrik utama di provinsi Herat yang merupakan rumah bagi puluhan ribu minoritas Hazara Syiah.

Sebagaimana dilaporkan Al JazeeraNamun, Taliban mendapatkan keuntungan cepat ketika pasukan asing – termasuk Amerika Serikat – mundur setelah hampir 20 tahun pertempuran. Juru bicara kementerian dalam negeri Afghanistan Tareq Arian mengatakan upaya sedang dilakukan untuk mengusir Taliban dari posisi mereka yang baru diperoleh.

Di masa lalu, pemerintah Afghanistan telah berulang kali menolak keuntungan Taliban, menyebut mereka memiliki nilai strategis yang kecil. Namun, penyitaan yang terjadi di beberapa perlintasan perbatasan bersama dengan daerah kaya mineral kemungkinan akan mengisi pundi-pundi kelompok bersenjata dengan sumber pendapatan baru.

Akibatnya, sementara Taliban telah menguasai sebagian besar Afghanistan utara dalam beberapa pekan terakhir, pemerintah Afghanistan sekarang memiliki pengaruh yang lebih kecil daripada konstelasi ibu kota provinsi yang sebagian besar harus diperoleh dan dipasok melalui udara.

Melarikan diri dari penjara

Pejuang Taliban juga menyerang sebuah penjara di pinggiran selatan kota Kandahar, pada hari Jumat. “Taliban berusaha masuk ke penjara di sana. Pertempuran berlanjut dan kami telah mengerahkan bala bantuan termasuk pasukan khusus untuk membersihkan daerah itu,” kata juru bicara kepolisian Kandahar Jamal Naser Barekza.

Ratusan personel keamanan Afghanistan dan pengungsi terus melarikan diri melintasi perbatasan ke negara tetangga Iran dan Tajikistan. Situasi ini menimbulkan ketakutan di Rusia dan negara-negara terdekat bahwa Taliban dapat menyusup ke Asia Tengah.

Tiga pejabat Taliban telah mengunjungi Moskow. Mereka mencoba mengatasi kekhawatiran ini selama kunjungan yang terjadi pada hari Jumat. “Kami akan mengambil semua tindakan agar Negara Islam [ISIL, atau ISIS] tidak akan beroperasi di wilayah Afghanistan, dan wilayah kami tidak akan pernah digunakan untuk melawan tetangga kami,” salah satu pejabat Taliban, Shahabuddin Delawar mengatakan pada konferensi pers.

“Anda (wartawan) dan komunitas dunia lainnya mungkin baru-baru ini mengetahui bahwa 85 persen Afghanistan sudah berada di bawah kendali Taliban,” tambah Delawar.



https://www.ihram.co.id/berita/qw0afs385/taliban-klaim-kuasai-sebagian-besar-wilayah-afghanistan