Tarek Hamdi Menyumbangkan Perak Olimpiade Pertama Saudi Sejak 2000

    IHRAM.CO.ID, TOKYO — Atlet Arab Saudi Tarek Hamdi memperebutkan medali emas Olimpiade pertama negaranya. Namun, kesalahan teknis di final Karate Kumite +75kg Putra di Tokyo 2020 membuatnya kehilangan medali emas.

    Petenis berusia 23 tahun itu kalah dalam pertandingan terakhirnya melawan atlet Iran Sajjad Ganjzadeh. Selama pertandingan, ia melakukan kesalahan teknis “Hansouko” saat memimpin 4-1 atas lawannya.

    Dia juga dianugerahi medali perak. Medali ini merupakan perak kedua Arab Saudi dalam sejarah setelah pelari Hadi Sawan meraih perak dalam lari 400 meter di Olimpiade Sydney 2000.

    Hamdi menunjukkan beberapa keterampilan dalam tendangan, jab, dan pukulannya. Dia hampir memenangkan emas, ketika dia akhirnya membuat kesalahan dengan menendang lawan dan menjatuhkannya ke tanah.

    Setelah wasit berkonsultasi, mereka memutuskan untuk membatalkan kemenangan Hamdi dan memberikan emas kepada pemain Iran. Sementara medali perak Olimpiade masih merupakan pencapaian yang menakjubkan bagi pemain berusia 23 tahun itu, ia merasa putus asa karena kehilangan satu emas yang begitu dekat untuk diraih. Pertandingan itu dianugerahi dengan kemenangan default 4-0 untuk Iran.

    Sembilan detik dari awal, Hamdi telah mencetak ippon dan memimpin 3-0, dan segera diikuti oleh yuko untuk memperpanjang keunggulannya menjadi empat poin. Namun, di akhir pertandingan terjadi perubahan menyakitkan yang berujung pada penalti dan diskualifikasi.

    Menteri Olahraga Arab Saudi Pangeran Abdulaziz Bin Turki Faisal mengucapkan selamat kepada Tarek Hamdi. Dia juga mengumumkan bahwa dia akan memberi hadiah lima juta riyal untuk penampilannya yang luar biasa.

    Dalam perjalanannya ke final, Hamdi mengalahkan Ryutaro Araga dari Jepang 2-0 di semifinal dengan penampilan yang memukau. Dia memulai partisipasinya dalam olahraga ini dengan kekalahan 2-3 melawan juara dunia 2018 Kroasia Ivan Kvicic, sebelum mengalahkan Brian Air dari Amerika 4-1. Setelah itu ia meraih hasil imbang dengan atlet Iran, juara dunia 2016 dengan berat +84 kg Ganjzadeh, 0-0. Ia kemudian mengalahkan atlet Kanada, Daniel Gaisinsky, dengan 10-3 poin.

    https://saudigazette.com.sa/article/609566/SAUDI-ARABIA/Tarek-Hamdi-wins-Saudi-Arabias-first-Olympic-silver-medal-since-2000



    https://www.ihram.co.id/berita/qxi560366/tarek-hamdi-sumbang-perak-olimpiade-pertama-saudi-sejak-2000