Target Satu Juta Vaksinasi Per Hari, Pemerintah: Pasokan Cukup

Jumlah vaksin yang tersedia cukup untuk mencapai target tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah memastikan pasokan vaksin Covid-19 mencukupi. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan pasokan ini terus diupayakan, baik dengan mendatangkan vaksin jadi dari luar negeri maupun mengoptimalkan produksi dalam negeri.

“Pemerintah memastikan pasokan vaksin yang berasal dari luar negeri harus mencukupi sesuai jadwal yang ada. Dan kami optimistis vaksin yang ada cukup untuk mencapai target itu. Karena target ditentukan dengan memperhitungkan ketersediaan vaksin dan target. untuk divaksinasi,” kata Wiku dalam keterangan pers, Selasa (15/6).

Pernyataan Wiku terkait kepastian pasokan itu sebagai tanggapan atas target Presiden Jokowi satu juta vaksinasi per hari. Tak hanya itu, Presiden juga memerintahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengejar target 100.000 vaksinasi di ibu kota.

“Dan kita berharap mulai minggu depan DKI Jakarta, suatu hari target kita 100 ribu bisa tercapai. 100 ribu per hari. Karena kita ingin mengejar herd immunity,” kata Jokowi saat meninjau vaksinasi massal di Waduk Pluit, Senin (14/ 6). kemarin.

Jika target vaksinasi tercapai, Jokowi optimistis 70 persen penduduk DKI Jakarta sudah divaksinasi pada Agustus. “Kita berharap dengan jumlah yang kita targetkan, Agustus kita bisa mencapai imunitas komunal dan kita berharap penyebaran covid di DKI Jakarta bisa dihambat dan kita kurangi,” ujarnya.

Secara total, Indonesia telah menerima 94,7 juta dosis vaksin Covid-19. Rinciannya adalah 84,5 juta dosis vaksin Sinovac, 8,2 juta dosis vaksin Astrazeneca, dan 2 juta dosis vaksin Sinopharm. Ketiga jenis vaksin tersebut telah mendapatkan Emergency Use Listing dari World Health Organization (WHO).



https://www.republika.co.id/berita/qurp0b380/target-sejuta-vaksinasi-per-hari-pemerintah-pasokan-cukup