Tawaran Saudi untuk Meredakan Ketegangan Pakistan-India

    IHRAM.CO.ID, RIYADH — Menteri Luar Negeri Saudi Amir Faisal bin Farhan Al Saud mengatakan, Arab Saudi bisa berperan dalam meredakan ketegangan antara Pakistan dan India. Hal itu ia sampaikan dalam kunjungan pertamanya ke India.

    Dalam wawancara bersama HinduDia dengan tegas mengatakan Kashmir adalah wilayah yang disengketakan dan Arab Saudi siap memainkan perannya dalam menyelesaikan masalah tersebut.

    Pernyataan itu sangat kontras dengan posisi India, yang selalu menolak mengakui Kashmir sebagai sengketa internasional. India secara historis sangat keberatan dengan peran pihak ketiga mana pun dalam menyelesaikan masalah Kashmir.

    Dilaporkan dalam Pengamat Pakistan, Selasa (21/9), pernyataan Menlu Saudi saat duduk di India dinilai memiliki makna yang luas.

    “Harus ada fokus pada jalur dialog antara India dan Pakistan untuk menyelesaikan masalah ini, dengan cara yang dapat menyelesaikannya secara permanen,” katanya.

    Kunjungan Menlu Saudi dianggap penting karena dilakukan pada saat kawasan berada dalam kondisi ketidakpastian yang ekstrem, mengingat situasi yang berkembang di Afghanistan. Menlu Saudi juga mengatakan bahwa Kerajaan Saudi dapat berperan dalam meredakan ketegangan antara Pakistan dan India.

    Penting untuk disebutkan bahwa India selalu enggan menerima kemungkinan peran pihak ketiga. Mereka menyebut perbedaan mereka dengan Pakistan sebagai masalah bilateral.

    Pernyataan Menteri Saudi selama kunjungan ini sekali lagi menimbulkan pertanyaan sulit bagi India di tingkat diplomatik. Tentang krisis Afghanistan, dia mengatakan hal yang paling dia pedulikan adalah stabilitas.

    “Kepemimpinan di Afghanistan hari ini, Taliban, memiliki tanggung jawab untuk menjalankan penilaian dan pemerintahan yang baik, untuk menjadi inklusif, untuk melindungi semua orang di Afghanistan, dan untuk menempa jalan yang dapat mengarah pada stabilitas, keamanan dan kemakmuran,” lanjutnya.

    Tidak hanya itu, dia juga mengatakan Taliban harus memperhatikan kekhawatiran masyarakat internasional terkait situasi keamanan.

    Mengenai bantuan internasional ke negara yang dilanda perang itu, Menlu Saudi mengatakan bahwa bantuan itu ditujukan terutama untuk kepentingan rakyat Afghanistan. Kerajaan mengambil posisi bahwa bantuan harus terus berlanjut dan tidak boleh terpengaruh oleh situasi yang ada.



    https://www.ihram.co.id/berita/qzrl6h335/saudi-tawarkan-diri-redakan-ketegangan-pakistanindia