TB Hasanuddin mengatakan ada kelompok yang tidak suka Indonesia dekat China, ingin dekat dengan Amerika

    Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI-P Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin menyoroti pembentukan aliansi antara Australia, Inggris dan Amerika Serikat (AUKUS).

    Ia juga mengaku sempat berdiskusi dengan pihak atau kelompok yang menginginkan Indonesia bergabung dengan AUKUS, karena tidak senang melihat pemerintah Indonesia lebih dekat dengan China atau Republik Rakyat China (RRC).

    Hal itu disampaikannya saat rapat kerja dengan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Rabu (22/9/2021).

    “Akhir-akhir ini saya juga berbicara dengan kelompok-kelompok yang tidak suka kita dekat dengan Republik Rakyat Tiongkok. Mungkin sekarang Anda melihat media sosial, pemerintah ini (dituduh) pemerintah komunis, dekat dengan China, tidak ada apa-apanya. China dan sebagainya. Kelompok itu ada dan nyata,” kata Hasanuddin.

    Baca juga: Konflik LCS: Kapal Perang China Masuk Laut Natuna & Australia Bangun 8 Kapal Selam Nuklir

    Rombongan, lanjut Hasanuddin, melihat perkembangan situasi di Laut China Selatan.

    “Mereka mendesak kami untuk bergabung dengan blok Amerika yang kebetulan bergabung dengan AUKUS. Jadi itu AUKUS. Itu Australia, Inggris, AS, dan saya, ini sudah bergulir, saya sudah diskusi,” katanya.

    Di sisi lain, Hasanuddin mengatakan ada juga kelompok yang meminta Indonesia bersiap untuk melawan AUKUS.

    Kelompok yang disebut Hasanuddin itu berasal dari sesama mantan prajurit TNI.

    “Tapi juga ada teman saya yang mantan tentara, ‘Komisi saya harus kuat persenjataan, kita lawan’. Lawan yang mana? Saya yang penting menjaga kedaulatan,” katanya.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/09/22/tb-hasanuddin-sebut-ada-kelompok-yang-tidak-suka-indonesia-dekat-china-maunya-dekat-dengan-amerika