Temui JK, Menteri Koordinator PMK untuk Konsultasikan Pelaksanaan Ibadah Ramadhan saat Pandemi Covid-19

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bertemu dengan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Palang Merah Indonesia, Jakarta, Rabu (7/4/2021) kemarin.

    Muhadjir berkonsultasi terkait pelaksanaan sholat tarawih dan sholat Idul Fitri selama pandemi Covid-19.

    “Jadi saya berhubungan dengan Pak Jusuf Kalla untuk berkonsultasi sekaligus mengkoordinasikan pelaksanaan sholat tarawih dan sholat Idul Fitri serta kegiatan lainnya selama Ramadhan. Dalam hal ini karena beliau adalah Ketua Umum Majelis Masjid Indonesia dan Ketua Umum Palang Merah Indonesia, ”kata Muhadjir. melalui keterangan tertulis, Kamis (8/4/2021).

    Baca juga: Jadwal dan Live Streaming Sidang Isbat 2021, Penetapan Puasa 1 Ramadhan 1442 H

    Pemerintah, menurut Muhadjir, akan terus melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan shalat tarawih dan sholat Idul Fitri.

    Dalam hal ini yang dianggap paling penting adalah kesadaran masyarakat untuk mematuhi tata tertib kesehatan yang ketat selama beribadah.

    Ia berharap dengan berkonsultasi dengan JK, berbagai permasalahan yang mungkin timbul terkait tunjangan shalat tarawih berjamaah di masjid dan juga shalat Idul Fitri dapat diantisipasi.

    Baca juga: Inilah Aktivitas Dewi Sandra Satu Bulan Sebelum Ramadhan

    Keputusan pemerintah untuk mengizinkan sholat tarawih selama Ramadhan dan sholat Idul Fitri 1442 Hijriyah mendapat dukungan JK. Namun, menurutnya, hal itu tetap harus dilakukan secara ketat.

    “Tahun ini alhamdulillah kita sudah bikin edaran sehingga diimplementasikan dengan ketat,” kata JK.

    Dia menjelaskan selain pr

    Baca juga: Kapan Sidang Isbat Diadakan? Penetapan Puasa 1 Ramadhan 1442 H

    protokol kesehatan yang ketat, juga perlu pengawasan terutama dalam hal kebersihan masjid guna menjaga kesehatan bersama.

    Sehingga para penjaga masjid atau marbot harus bisa memastikan dan mengawasi pelaksanaan shalat tarawih dan shalat Idul Fitri.

    “Kami juga sudah membahas bahwa masjid siap menjadi pusat vaksinasi seluruh Indonesia,” kata JK.

    Muhadjir sebelumnya juga mengingatkan jemaah agar menghindari keramaian.

    Berita Terkait




    Source