Tendangan Anies Cegah Jakarta Tenggelam

    Menghentikan reklamasi merupakan langkah tepat untuk mencegah Jakarta tenggelam.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan prediksi Badan Antariksa Amerika (NASA) Jakarta akan tenggelam merupakan peringatan yang bisa diprioritaskan dalam mengatasi masalah tersebut. Pemerintah Provinsi DKI, kata dia, memiliki beberapa solusi untuk mencegah hal tersebut terjadi.

    “Pertama, kami selalu menggunakan saintifik (kajian). Jadi gunakan bukti ilmiah dan prioritasnya keberlanjutan dan keadilan sosial,” kata Anies dalam diskusi virtual, Selasa (10/8).

    Pemerintah Provinsi DKI bekerja sama dengan Kementerian ESDM dan JICA mengembangkan sistem informasi Pemantauan Air Tanah dan Subsiden (MONAS). Ia mengungkapkan, sistem tersebut memberikan data terbaru bagi pihaknya untuk memantau daerah aliran sungai di Jakarta.

    Ia menyampaikan, ada dua hal yang diduga menjadi penyebab tenggelamnya ibu kota, yakni naiknya permukaan air laut dan turunnya permukaan tanah.

    Anies menilai penghentian pulau reklamasi merupakan langkah tepat untuk merespons terjadinya penurunan tanah di ibu kota. Hal ini berdasarkan hasil beberapa penelitian yang telah dilakukan.

    “Jadi ini fakta yang membuat kami semakin yakin bahwa menghentikan, tidak melanjutkan kegiatan reklamasi adalah langkah yang tepat untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan. penurunan tanah, ” dia berkata.

    Anies mengatakan, berdasarkan penelitian yang dilakukan ilmuwan penginderaan jauh di East China Normal University, Dhirtiraj Sangupta, menunjukkan penurunan tanah di pulau buatan atau reklamasi berlangsung lebih cepat. Padahal, kata dia, penurunan tanah di pulau reklamasi lebih dari 80 milimeter per tahun.



    https://www.republika.co.id/berita/qxnevd368/jurus-anies-cegah-jakarta-tenggelam