Terobosan Polri dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam pelayanan publik diapresiasi

Laporan wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sejak dilantik Presiden Jokowi pada 27 Januari 2021, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan sejumlah terobosan dalam mengubah wajah Korps Bhayangkara.

Dalam mewujudkan Polri yang tepat (kepolisian prediktif, tanggung jawab, transparansi, dan keadilan), Jenderal Listyo melakukan pembenahan baik di bidang pelayanan publik maupun penegakan hukum.

Dalam kurun waktu 100 hari dilantik sebagai Kapolri, upaya Jenderal Listyo untuk menciptakan Polri yang transparan dan berkeadilan mulai terlihat.

Kepala BEM Nusantara Dimas Prayoga mengapresiasi langkah Polri dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam melayani masyarakat.

Terobosan Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo antara lain aplikasi E-dumas (Pengaduan Masyarakat Secara Elektronik).

Baca juga: Kapolres Tegaskan, pemudik yang lolos lockdown di Bekasi akan dikembalikan ke posko lain

Baca juga: Jelang Lebaran, Polri Turunkan Detasemen Khusus 88 Antisipasi Ancaman Terorisme

Menurutnya, aplikasi tersebut membuka pintu bagi masyarakat untuk melaporkan penyalahgunaan wewenang oleh anggota kepolisian.

“Kedua aplikasi perpanjangan SIM tersebut sangat membantu dan sangat adaptif dengan situasi saat ini yang masih dalam suasana pandemi Covid-19,” kata Dimas dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/5/2021).

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan sambutan saat menghadiri peluncuran aplikasi Presisi Propam di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/4/2021). Aplikasi Propam Presisi dibuat oleh Divisi Profesi dan Keamanan Polisi (Divpropam) sebagai sarana pengaduan terkait kepolisian dan PNS di kesatuan Polri agar dapat melaporkan secara lebih cepat, mudah, transparan, akuntabel, dan informatif. Tribunnews / Irwan Rismawan (Tribunnews / Irwan Rismawan)

Selain itu, Dimas juga mengapresiasi kehadiran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di beberapa provinsi di Indonesia.

Baca juga: Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Tetap Waspada

Ketiga, penerapan E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di beberapa provinsi, meminimalisir pungli di jalan, serta menerapkan tiket online sehingga transparan dan akuntabel, ”jelasnya.




Source