Tidak ada perombakan hari ini, Presiden dijadwalkan berkunjung ke Jawa Barat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membantah kabar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan perombakan kabinet pada Rabu (21/4/2021).

Dia mengatakan reshuffle kabinet itu tidak sesuai dengan jadwal presiden.

Besok tidak akan ada reshuffle, kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. (Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Pernyataan Pratiko itu untuk menjawab spekulasi publik pasca penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan pembentukan Kementerian Penanaman Modal. Pratikno meminta semua pihak tetap menunggu keputusan reshuffle yang diambil Jokowi.

Baca juga: 4 Menteri dan Mantan Menteri Dikatakan Berpotensi Menempati Jabatan Baru di Kabinet Jokowi

Baca juga: Pengamat: Isu Reshuffle Menteri berinisial M itu hanya sensasi

“Tunggu saja,” kata Pratikno saat ditanya kemungkinan reshuffle usai Lebaran.

Senada dengan Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga memastikan Presiden Jokowi tidak melakukan reshuffle hari ini.

Pramono mengungkapkan agenda Jokowi hari ini adalah kunjungan kerja ke daerah. “Besok Presiden ada kunjungan kerja ke Jawa Barat,” kata Pramono.

Peringati Hari Pers Nasional.  Sekretaris Kabinet Pramono Agung Wibowo: Kritik, Saran, Masukan Ibarat Jamu Penguat Pemerintah, Selasa (9/2/2021)
Peringati Hari Pers Nasional. Sekretaris Kabinet Pramono Agung Wibowo: Kritik, Saran, Masukan Seperti Jamu Perkuat Pemerintah, Selasa (9/2/2021) (Screenshot Youtube Sekretariat Kabinet)

Sebelumnya, Presiden Jokowi disebut-sebut akan melakukan perombakan kabinet menyusul pembentukan Kementerian Investasi dan penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi.

Wacana reshuffle pertama kali dikemukakan anggota DPR PDIP EI Hendrawan Supratikno.

Ada yang berspekulasi bahwa reshuffle kabinet akan dilakukan pada Rabu, seperti kebiasaan Presiden Jokowi untuk mengambil keputusan penting. Dalam kepercayaan Jawa, Rabu dianggap sebagai hari yang baik.




Source