Tidak Akomodir Calon Tunggal, BPM-PD Sumbawa Ubah Perda 1 Tahun 2015 Tentang Kades

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Pemerintah daerah melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kabupaten Sumbawa, saat ini tengah menyiapkan perubahan Perda No. 1 Tahun 2015 tentang Kepala Desa, untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala (Pilakdes) serentak di 20 desa pada tahun 2016.

Perda ini menurut Kepala BPM-PD setempat, Tarunawan, SSos, mesti rubah karena di dalamnya tidak mengakomodir calon tunggal. Sama seperti Pilkada, calon tunggal di Pilkades ini tidak menutup kemungkinan bakal ada juga.

Di dalam Perda tersebut, apakah calon tunggal ini langsung ditetapkan atau nantinya ada proses pemilihan atas persetujuan masyarakat, itu yang kini tengah digarap. “Perubahan Perda ini kita upayakan selesai antara bulan Januari atau Februari. Setelah itu, baru kita gelar Pilkades serentak sekitar bulan Mei atau Juni,” kata Tarunawan.

Khusus di Kabupaten Sumbawa sambungnya, munculnya calon tunggal dalam Pilkades nanti, bisa saja terjadi. “Segala sesuatu mungkin saja terjadi. Karena itu kita harus siapkan regulasinya, agar semuanya berjalan baik,” tandasnya.

Lalu bagaimana dengan anggaran Pilkades ?. Untuk anggaran tambahnya, sejauh ini sudah tidak ada masalah. Tiap desa yang melaksanakan salah satu pesta demokrasi ini, bakal diberikan suntikan dana sebesar Rp 20 juta. “Untuk dana sudah siap. Kita tinggal merubah Perdanya saja,” demikian Tarunawan.