Tiga Aspek Risiko Aktivitas di Masyarakat Selama Pandemi

    IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Masyarakat diminta memetakan risiko kegiatan tersebut. Ada tiga aspek dalam pemetaan risiko aktivitas masyarakat, yaitu lokasi, kedekatan, dan lamanya waktu.

    “Perlu diperhatikan upaya pencegahan harus dilakukan secara serentak oleh seluruh anggota keluarga, untuk saling melindungi sehingga penularan di tingkat keluarga dapat dihindarkan,” kata Koordinator Tim Ahli dan Juru Bicara Tugas Penanganan Covid-19 Angkatan Prof drh Wiku Adisasmito, MScPh.D dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (29/6).

    Ada juga kategorisasi WHO mengenai pedoman pemetaan aktivitas, yaitu risiko tinggi, risiko sedang, dan risiko rendah. Dijelaskan bahwa aktivitas yang masuk dalam kategori risiko tinggi jika tidak dilakukan dengan protokol kesehatan antara lain kontak fisik seperti berjabat tangan, makan di ruangan tertutup, dan menghadiri atau melakukan aktivitas di tempat ramai.

    Kemudian, kegiatan dalam kategori risiko sedang jika tetap mematuhi protokol kesehatan antara lain mengunjungi rumah orang lain, berkumpul dengan banyak orang di luar ruangan, mengunjungi rumah sakit/dokter, dan mengunjungi fasilitas umum serta menggunakan transportasi umum.

    Sedangkan kegiatan yang dianggap berisiko rendah jika mengikuti protokol kesehatan antara lain berdiam diri di rumah dan beraktivitas di luar rumah dengan tetap menjaga jarak.



    https://www.ihram.co.id/berita/qvgtos313/tiga-aspek-risiko-aktivitas-di-masyarakat-selama-pandemi