Tingkat Penyembuhan Covid-19 Mimika Tinggi

    Ada 302 pasien Covid-19 aktif di Mimika.

    REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA – Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua melaporkan angka kesembuhan penderita Covid-19 di wilayah tersebut tergolong tinggi, mencapai 94 persen. Total kumulatif kasus positif terkonfirmasi Covid-19 hingga 21 April 2021 sebanyak 5.959 orang dan hanya tersisa 302 kasus aktif.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengatakan, sebanyak 302 pasien saat ini menjalani perawatan dan isolasi di barak karyawan serta isolasi mandiri di rumah. “Penanganan kasus Covid-19 di Mimika saat ini sangat baik, baik di kecamatan dekat Kota Timika yang masuk zona merah, maupun di wilayah kerja PT Freeport Indonesia di dataran tinggi dan dataran rendah. Pandemi -19 di Mimika bisa kita kendalikan, ”kata Reynold di Timika, Kamis (22/4).

    Jumlah pasien yang sembuh sebanyak 5.607 orang dan meninggal 50 orang. Reynold sangat optimistis dalam satu atau dua hari ke depan akan ada sekitar 100 kasus aktif Covid-19 di Mimika. Tentu saja ini kabar baik karena beberapa waktu lalu Timika kesulitan menurunkan jumlah kasus aktif.

    “Karena meski angka kesembuhannya tinggi, namun temuan kasus baru juga cukup banyak, bahkan dalam sehari ada lebih dari 30 kasus,” kata Reynold.

    Menurut dia, penurunan temuan kasus baru dan pemulihan pasien yang terpapar Covid-19 lebih cepat tidak lepas dari program vaksinasi yang semakin gencar. Pihaknya saat ini semakin cepat melakukan vaksinasi karena masyarakat Mimika juga berlomba-lomba mengakses layanan vaksinasi Covid-19.

    Melalui program vaksinasi ini tentunya lebih cepat memberikan perlindungan kepada setiap orang dari potensi penularan Covid-19. Kalaupun yang bersangkutan terpapar, setidaknya ia hanya terpapar ringan atau bahkan tidak ada gejala sama sekali.

    Meski demikian, Dinas Kesehatan Mimika tetap mengingatkan warga sekitar untuk tetap taat dan menjalankan tata tertib kesehatan. “Prokes harus terus berjalan, minimal 3 M dan 5 M akan tetap menjadi rujukan seluruh masyarakat di Mimika agar bisa terhindar dari pajanan Covid-19 karena belum semua warga di zona merah sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19,” ujarnya. kata.

    sumber: Antara




    Source