Tingkatkan Kekerasan Terhadap WNI Asia, KJRI Chicago Prioritaskan Keselamatan WNI

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Di tengah maraknya tindak kekerasan terhadap warga keturunan Asia, KJRI Chicago terus gencar melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat Indonesia di wilayah kerja untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan tetap tenang.

Demikian disampaikan Konsul Jenderal RI Chicago, Meri Binsar Simorangkir saat perayaan Paskah Umat Kristen Indonesia di Michigan dan pertemuan dengan WNI di Cleveland beberapa waktu lalu.

Meri mengatakan, masyarakat Indonesia bisa melindungi diri dan tidak memprovokasi kekerasan dengan menggunakan perhiasan berlebihan, membawa uang tunai dalam jumlah besar, dan berjalan sendirian di tempat gelap.

“Jangan lupa, selalu laporkan kejadian-kejadian yang dianggap berbahaya kepada aparat dan KJRI. Sedapat mungkin, dokumentasikan dan ingat dengan baik kronologi dan deskripsi pelakunya. Ingat, Hotline KJRI Chicago selalu bisa dihubungi 24/7 , ”Kata Meri dalam siaran pers dari KJRI Chicago. Tribunnews.com, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Kementerian Luar Negeri: WNI Tanpa Dokumen Rentan Jadi Korban TPPO

Pertemuan di Cleveland dihadiri oleh Imam Masjid Cleveland, perwakilan komunitas Kristen, komunitas Hindu-Bali di Ohio, dan Persatuan Pelajar Indonesia di AS (Permias) dari universitas terkemuka di Ohio seperti Kent University, Akron. Universitas, dan Universitas Case Western.

Meri menyampaikan, masyarakat Indonesia di Midwest menyampaikan apresiasi yang tinggi atas upaya KJRI Chicago untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia.

Meski saat ini belum ada laporan kekerasan yang dialami oleh masyarakat Indonesia di Midwest, namun imbauan ini dinilai sangat berguna dalam meningkatkan kesadaran agar mereka tahu apa yang harus dilakukan dan kepada siapa harus melapor jika terjadi kekerasan.

“Meski demikian, KJRI Chicago terus mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan, tidak hanya dengan terjun langsung ke kantong masyarakat di Midwest, tapi juga melalui media sosial dan website KJRI Chicago,” ujarnya.

Wilayah kerja KJRI Chicago meliputi 13 negara bagian di Midwest Amerika Serikat, yaitu Illinois, Indiana, Iowa, Kansas, Kentucky, Michigan, Minnesota, Missouri, Nebraska, North Dakota, Ohio,

South Dakota dan Wisconsin, jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di wilayah kerja KJRI Chicago sebanyak 11.682 orang.




Source