Tingkatkan Tarif, Klaim HK Tingkatkan Layanan dan Pemeliharaan

    Pengguna jalan tol Bakter meminta operator memperhatikan kelancaran jalan.

    REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Tarif Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) naik pada Minggu (29/8) pukul 00.00 WIB.

    Direktur Operasi III PT HK (Persero) Koentjoro mengatakan, PT Hutam Karya (HK) selaku pengelola JTTS Baker melakukan pembenahan layanan dan pemeliharaan. PT HK telah menambahkan tanda-tanda, tanda-tanda yang dicat dan tanda-tanda keselamatan yang diremajakan, ditambahkan pita gemuruh dan titik gemuruh di lokasi rawan kantuk dan pemasangan lampu peringatan.

    Pemeliharaan fisik jalan tol secara berkala juga dilakukan, termasuk perbaikan dengan rekonstruksi beton kaku. PT HK juga melakukan kegiatan penghijauan secara rutin di sepanjang ruas tol Bakter sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan meningkatkan estetika ruas tersebut.

    Kenaikan ruas tol Lampung pada ruas Bakter dari Bakauheni Selatan hingga Terbanggi Besar kendaraan golongan I sebesar Rp. 118.500, kelas II adalah Rp. 177.500, kelas III Rp. 177.500, kelas IV Rp. 237.000, dan kelas V Rp. 237.00.

    Syafrizal (54), warga Lampung yang biasa menggunakan tol Bakter, menilai pengelola tidak hanya mampu menaikkan tarif tol, tetapi juga mampu memberikan rasa aman bagi pengguna jalan tol (JTTS) dari Bakauheni hingga Palembang.

    Menurut dia, sejak tol Bakauheni hingga Terbanggi Besar sudah tak terhitung banyaknya kecelakaan yang terjadi, baik tunggal maupun beruntun, yang merenggut nyawa pengemudi dan penumpang. Panjang jalan tol di Lampung, kata dia, setidaknya harus diimbangi dengan kelancaran jalan agar kecepatan kendaraan stabil dan normal.

    “Selama ini terjadi kecelakaan yang biasanya ngantuk, juga karena jalan rusak dan bergelombang. Pengguna jalan tol mengira jalan semua mulus sehingga kecepatan tidak terkontrol,” kata pegawai swasta tersebut.



    https://www.republika.co.id/berita/qyiu42457/naikkantarif-hk-klaim-tingkatkan-layanan-dan-pemeliharaan