Tips Menulis Curriculum Vitae dan Wawancara Kerja yang Sukses

    Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa memiliki keterampilan dalam membuat CV

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Program Studi Administrasi Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar seminar bertajuk ‘Teknik Penulisan Curriculum Vitae dan Wawancara Kerja yang Sukses’ secara online via zoom yang diikuti oleh mahasiswa semester VI program studi Administrasi Bisnis, Kamis (3/6).

    Webinar ini menghadirkan narasumber yaitu Co-Founder PT Mitra Pemsiswa Hendriyono Putra Bun yang dipandu oleh moderator cantik, Ria Andriani. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Program Studi Administrasi Bisnis Universitas BSI, I Ketut Martana dengan memberikan sambutan kepada seluruh peserta.

    “Kegiatan ini diadakan agar mahasiswa dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menulis curriculum vitae dan sukses dalam wawancara kerja yang nantinya dapat menjadi bekal mahasiswa ketika memasuki dunia kerja,” kata Ketut, Kamis (3/6). .

    Sementara itu, Hendri saat menyampaikan materi menjelaskan komponen utama yang harus ada dalam surat lamaran kerja yaitu curriculum vitae, cover letter dan portfolio.

    “Curriculum vitae menjelaskan identitas, latar belakang pendidikan, pengalaman, keterampilan, referensi dan lain-lain. Sedangkan surat lamaran menjelaskan minat Anda dan mengapa Anda memiliki kualifikasi untuk posisi yang ditawarkan,” pungkasnya.

    Ia menambahkan, portofolio merupakan bukti kemampuan pengalaman dan karya yang telah dibuat. Lebih lanjut, Hendri memberikan tips sukses wawancara kerja dengan mempersiapkan fisik, mental dan teknis, ketika semuanya sudah siap mereka harus mengetahui jenis-jenis wawancara kerja.

    “Jenis wawancara kerja di sini adalah tradisional, telepon, online, grup, job fair dan makan siang,” katanya.



    https://www.republika.co.id/berita/qu7knu380/tips-menulis-curriculum-vitae-dan-sukses-wawancara-kerja