TMII Mulai Peralihan Manajemen, Moeldoko: Harus Transparan

    Moeldoko mengatakan TMII harus bisa meningkatkan kontribusinya bagi negara.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai mempersiapkan diri seiring dimulainya masa transisi pengelolaan ke pemerintahan. Moeldoko juga meminta agar seluruh proses transisi pengelolaan dilakukan secara transparan.

    “Pemerintah sudah menyiapkan 3 bulan untuk masa transisi, dan ini sudah dimulai. Semuanya harus transparan agar ke depannya lebih mudah,” kata Moeldoko saat berkunjung ke TMII, Senin (12/4).

    Pemerintah, kata Moeldoko, juga sudah menyiapkan BUMN Pariwisata untuk mengelola TMII. Beberapa rencana telah disiapkan. Dimulai dari peningkatan fungsi platform daerah yang nantinya akan digunakan sebagai tempat berkumpulnya para inovator sosial, budaya dan teknologi. Hingga membuka ruang bersama bagi penikmat teknologi untuk membawa Indonesia ke Industri 4.0.

    TMII, kata dia, harus bisa meningkatkan kontribusinya bagi negara. Sebagaimana diketahui, pengelolaan TMII selama ini merugikan negara hingga nihil.

    “TMII bisa dikembangkan menjadi kekuatan dalam memberikan kontribusi lebih bagi negara,” ucapnya.

    Tak hanya itu, mantan Panglima TNI ini juga mengatakan, TMII bisa menjadi tempat pengkajian, penelitian, dan pengembangan peradaban bagi suku budaya Indonesia. Dengan begitu, pengunjung yang datang bisa membayangkan luasnya Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, budaya dan agama.

    “Jadi tidak lagi membicarakan perbedaan suku, budaya, agama, tapi berbicara tentang persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

    Sesuai arahan Perpres Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah, pemerintah sudah menyiapkan tiga bulan untuk masa transisi. Selain itu, pengelolaan teknis TMII juga akan melibatkan hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

    Selain itu, Moeldoko juga memastikan nasib karyawan TMII dirumuskan dengan baik dengan langkah-langkah yang efisien. Dengan cara ini, karyawan TMII akan memiliki fleksibilitas yang tinggi dengan lingkungan yang strategis.

    Saat berkunjung ke TMII, Moeldoko bercerita sering mengajak keluarga dari daerah untuk berkunjung ke TMII. Moeldoko bersama tenaga ahli dari Kantor Staf Kepresidenan (KSP) dan pengelola TMII berkeliling melihat kondisi infrastruktur ‘Miniatur Indonesia’ saat ini.




    Source